Upaya Pemkab Bondowoso Jelang Ramadhan

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat dikonfirmasi seputar jelang Ramadhan/RMOLJatim
Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat dikonfirmasi seputar jelang Ramadhan/RMOLJatim

Ibadah aman dan lancar saat bulan ramadhan terus diupayakan oleh Pemkab Bondowoso untuk masyarakat.


Situasi pandemi yang belum sepenuhnya hilang memaksa Pemkab Bondowoso untuk mengingatkan dan mengimbau masyarakat tetap patuh prokes dan lakukan vaksinasi.

Bupati Bondowoso, KH Salwa ditemui usai Safari Jum’at, di Masjid Raudlatul Hasan, Desa Kasemek, Kecamatan Tenggarang, Jum’at (18/3) mengatakan, minimal harus turun level dari 3 menuju level 2 untuk kelonggaran saat ibadah.

"Kalau turun level 2 kemungkinan tanpa jarak lagi saat ibadah tarawih dan semacamnya," ujar Bupati dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Nantinya jika sudah ada penurunan level, menjelang ramadhan akan ada surat edaran yang kemungkinan besar akan dikeluarkan oleh Bupati sebagai acuan.

Sementara, Staf Ahli Pemkab Bondowoso Agung Tri Handono menambahkan pihaknya optimis dalam beberapa hari kedepan Bondowoso masuk level 2. 

Pihaknya bersama satgas Covid-19 kabupaten Bondowoso sudah sekuat tenaga bekerja untuk peningkatan itu.

"Termasuk acara suling polres dan safari Jum'at Bupati," tutur Agung.

Saat ini kata Agung, capaian vaksinasi untuk umum dosis 1 74 persen dan dosis 2 diangka 55 persen kemudian untuk lansia dosis 2 kita masuk 38 persen. 

Untuk syarat turun level 2, dosis 2 untuk umum harus 70 persen dan dosis 2 lansia harus 40 persen dan jika sudah level 2 untuk ibadah taraweh akan normal.

Lebih dari itu, Pemkab juga mengendalikan dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil) secara by name by addres untuk mempermudah data vaksinasi tersebut.

"Kita optimis dengan upaya kita serta vaksin kita masih ada 68 ribu dosis," pungkasnya.