MenPAN-RB Resmikan MPP Gajah Mada Kota Mojokerto

 MenPAN-RB Tjahjo Kumolo bersama Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat peresmian MPP Gajah Mada. /ist
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo bersama Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat peresmian MPP Gajah Mada. /ist

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada Kota Mojokerto, Selasa (22/3/2022). Keberadaan MPP sebagai upaya memberikan pelayanan terintegrasi bagi masyarakat yang dapat mengakses 165 jenis layanan dalam satu tempat.


“Ini salah satu bentuk reformasi birokrasi, dengan meningkatkan kualitas layanan dan mengintegrasikan layanan dalam satu atap,” ujar Menteri Tjahjo Kumolo.Sejumlah layanan sudah tersistem digitalisasi. Proses administrasi yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini menjadi lebih modern. Berbagai inovasi aplikasi mobile menjadikan pelayanan lebih cepat, mudah, dan paperless.

Pemkot Mojokerto juga mendapat apresiasi atas gerak cepat dalam mengupayakan peresmian MPP.

“Dibawah pimpinan bu Wali Kota, ini gercep sekali. Setelah mendapat evaluasi beberapa waktu lalu, langsung diperbaiki. Target peresmian semula Juni, saat ulang tahun Kota Mojokerto, bisa dimajukan hari ini,” ungkap Kepala Biro Organisasi Ramliyanto, mewakili Gubernur Jawa Timur.

Grand launching MPP Kota Mojokerto, menjadi MPP ke-11 yang diresmikan di wilayah Provinsi Jawa Timur serta ke-55 di Indonesia.  Sementara itu Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyebut bahwa kerja keras yang dilakukan pihaknya adalah bentuk keseriusan dalam menjalankan peran sebagai pelayan publik, khususnya bagi warga Kota Mojokerto.

“Ini bukti konkret dari komitmen kami dalam memenuhi tuntutan dari masyarakat yang senantiasa menginginkan pelayanan terbaik,” tutur wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita. Peresmian yang dilakukan secara simbolis berupa scan QR Code serta pemotongan untaian bunga melati oleh Menteri Tjahjo. Menteri Tjahjo Kumolo juga didampingi Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa. Wali kota Ning Ita juga menerima penghargaan atas komitmen dan kerja sama dalam mewujudkan mal pelayanan publik serta atas penyelenggaran pelayanan public kategori sangat baik tahun 2021 mewakili DPMPTSP-Naker dan Dispendukcapil Kota Mojokerto.