Peringati Hari Air Sedunia, Perumdam Tirta Kencana Gandeng Desa Kedungdjati Lakukan Konservasi Air

Aksi tanam pohon di Balai Desa Kedungdjati/RMOLJatim
Aksi tanam pohon di Balai Desa Kedungdjati/RMOLJatim

Peringati Hari Air Sedunia, Perumdam Tirta Kencana Jombang bersama Pemerintah Desa Kedungjati, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang menggelar penanaman pohon dan melakukan konservasi air di halaman balai desa setempat.


Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Desa Kedungdjati Suwadji, Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang, Khoirul Hasyim dan Juga perwakilan dari Perum Jasa Tirta Jawa Timur, Supriyadi juga beberapa tokoh masyarakat Desa Kedungdjati, Kabuh. Hadir juga Tim konservasi Air Tirta Kencana.

Kepala Desa Kedungdjati, Suwadji, menyampaikan pihaknya sangat berterima kasih sebesar-besarnya atas kesediaan Perumdam bersinergi dengan Pemerintah Desa dalam upaya pemertahanan sumber air. Terlebih, masayarakat di Desa Kedungjati sangat membutuhkan akses air bersih layak minum.

"Harapannya, kedepan pendistribusian air akan semakin lancar dan Perumdam mampu melayani permintaan kebutuhan air oleh warga desa kami," katanya, Jumat (25/03) dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah 500 bibit terdiri dari, alpukat, durian, sirsak, kluwih, kinetu, mundu, jambu air, mangga, sukun, dan kemiri. Dan bibit tanaman itu diserahkan oleh Direktur Perumdam secara langsung kepada Kepala Desa Kedungjati.

Dalam kesempatan itu, Supariyadi, perwakilan Perum Jasa Tirta Jawa Timur sangat mendukung langkah dan upaya yang dilakukan oleh Perumdam Tirta Kencana. Pihaknya akan selalu bersinergi dalam penyediaan bibit tanaman dan lain sebagainya.

"Apresiasi kami berikan setinggi-tingginya untuk Perumdam atas inisiasinya melakukan kegiatan konservasi air. PJT akan terus bersinergi dengan Perumdan dalam bentuk penyediaan bibit tanaman agar dapat dikembangkan kepada masyarakat guna pemertahanan air," terangnya.

Sementara, Direktur Perumdam Tirta Kencana, Khoirul Hasyim mengatakan, sinergitas antara Pemerintah Desa Kedungdjati, PJT, dan Perumdam Tirta Kencana Jombang patut disyukuri, dan diberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung giat konservasi tersebut.

Ia berpesan agar kepala desa mendiseminasikan perihal konservasi air, utamanya dalam bentuk penanaman pohon kepada warga masyarakat Kedungjati, agar kedepan anak cucu masih terus dapat menikmati air bersih layak minum.

"Sebab, menanam pohon merupakan sebuah bentuk nyata dalam salah satu upaya penyeimbangan lingkungan, sehingga upaya pemertahanan air dapat terus dilakukan," pungkasnya.