50 Tahun Gerak Bakti Bagi Bangsa, PKK Lamongan Dukung Eliminasi TBC

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lamongan menggelar Seminar Kesehatan TBC (Tuberculosis), di Pendopo Lokatantra, Selasa (29/3).


Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Lamongan, seminar digelar dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50.

Ketua TP PKK Kabupaten Lamongan Anis Yes mengajak seluruh tim PKK di seluruh Lamongan untuk saling berbagi dan membantu sesama, sesuai tema hari kesatuan gerak PKK yakni berbakti kepada bangsa, mengabdi kepada sesama.

Kapala Dinkes Lamongan Taufik Hidayat mengatakan peran PKK dalam mendukung eliminasi TBC sangatlah besar. Menurut dia, salah satu peran PKK adalah terus mengingatkan dan mendampingi masyarakat yang sedang menjalani penyembuhan TBC sampai sembuh.

“Peran PKK sangatlah penting, dimana PKK sebagai pemberdayaan keluarga dapat mendorong masyarakat yang sedang menjalani proses penyembuhan TBC agar tetap semangat. Juga mendampingi masyarakat yang terdiagnosis sampai sembuh pengobatan,” ucap Taufik.

Dia menganalogikan pencegahan TBC dengan Covid-19. Dimana imunisasi TBC dan menjaga protokol kesehatan seperti mengenakan masker sangat penting.

“TBC penyakit paru-paru yang terjadi karena serangan kuman bernama mycobacterium tuberculosis. Jika paru-paru bersih terlihat rontgen akan terlihat hitam, sementara bagi orang yang terserang TBC paru-paru bagian atas akan tampak memutih, karena terjadi peradangan yang diakibatkan karena ada nanah yang menyumbat,” kata Taufik dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

“Penyakit ini menyebabkan pengidapnya mengalami gejala berupa batuk yang berlangsung lebih dari tiga minggu. Batuk yang menjadi gejala penyakit ini biasanya disertai dahak dan terkadang mengeluarkan darah. Seperti Covid, imunisasi TBC sangatlah penting,” imbuhnya.

Taufik menjelaskan, seseorang yang didiagnosis TBC harus menjaga pola makan seimbang dan menjaga kesehatan lingkungan.

“Yng perlu dilakukan jika didiagnosis TBC adalah menjaga pola kesehatan, seperti makan seimbang, olahraga yang terkena sinar matahari dan sirkulasi rumah yang sehat dan yang paling penting tetap menggunakan masker,” ujarnya.

Tak hanya menggelar seminar kesehatan, peringatan setengah abad gerak PKK, TP PKK Lamongan juga menggelar Fashion Show batik khas Lamongan yang dihadiri Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi.

Dalam kesempatan tersebut Yuhronur menyampaikan apresiasi atas pengabdian PKK Lamongan kepada masyarakat selama ini.

“Terima kasih kepada tim penggerak PKK atas segala pengabdian yang diberikan kepada masyarakat selama ini. Dengan semangat 50 tahun ini, PKK harus menjadi strong women untuk terus berkarya,” kata Bupati Yuhronur.

Dia mengajak agar PKK bersinergi bersama pemerintah dalam program prioritas yang telah dicanangkan seperti Home Care Service hingga mendorong kebangkitan UMKM Lamongan.

Hadir pada acara tersebut, Wabup Abdul Rouf, Sekda Moh Nalikan, Ketua DWP Puji Dariani Nalikan, serta ibu-ibu Forkopimda Kabupaten Lamongan.