Komisi A Dukung Hasil Assement Calon Sekdaprov Jatim

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Tes terhadap calon Sekdaprov Jatim dinilai sudah sesuai prosedur dan dilakukan oleh orang yang berkompeten. Karena itu, komisi A DPRD Jawa Timur siap mendukung calon Sekdaprov hasil Assement.


Ketua Komisi A DPRD Jatim, Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio mengaku meskipun komisinya terus memonitor terus seleksi calon Sekdaprov.  Istu sudah melihat track record dan prosedurnya, dimana pansel merupakan orang-orang berkompeten.

Bahkan melibatkan institusi seperti Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan akademisi Prof M Nuh, dan BKD.

 "Kami percaya penuh karena sesuai dengan mekanisme dan standar kompetensi yang bisa diandalkan dan dipercaya. Saya memonitor awalnya dari delapan calon gugur satu tidak memenuhi syarat dan nanti beberapa materi sudah di tes termasuk wawancara, kompetensi, dari segi akademik, psikologi," paparnya, Senin ( 28/3/2022).

 Mantan Pangdam Bukit Barisan itu optimis assessment akan memunculkan hasil yang notabene dari kompetensi calon Sekdaprov masing-masing. Mengingat calon melalui tes-tes dengan orang yang berkompeten.

Apalagi nantinya calon akan melalui proses berikutnya yakni Tim Penilaian Akhir (TPA) yang diketuai oleh Wapres, Ma'ruf Amin, dan anggota dari BIN.

 DPRD berharap hasil assement yang terpilih dan terpanggil paling bagus, dan cocok. Baik dengan DPRD, maupun Gubernur Jatim. Istu optimis calon yang terpilih mampu memikul tugas sebagai sekretaris Jatim. Dimana Jatim notabene provinsi yang selalu diunggulkan di mata pejabat di Jakarta.

 "Kita harapkan bisa kerjasama dengan user (Sekdaprov Jatim yang terpilih) dan gubernur dan anggota DPRD.

Mari kita tunggu siapa saja yang terpilih itu yang akan kita dukung," pungkasnya.

 Untuk diketahui tujuh pelamar dinyatakan lolos dan telah diumumkan pansel melalui surat Nomor 800/2068/Pansel-JPTM/2022 tertanggal 25 Maret 2022 tentang Hasil Seleksi Assesment Pengisian JPT madya Sekdaprov Jatim.

Ketujuh pelamar yang dinyatakan lolos adalah Adhi Karyono, Bobby Soemiarsono, Indah Wahyuni, Jumadi, Mohammad Yasin, Mokhammad Sodiq Triwidiyanto, dan Nurkholis.

 Sementara  Benny Sampirwanto dinyatakan tidak dapat melanjutkan proses seleksi.

 Ketujuh nama calon Sekdaprov Jatim itu  mengikuti tahapan penulisan makalah atau policy brief pada 28 Maret 2022. Selanjutnya tes wawancara bersama tim pansel pada 30 Maret 2022.