23 WNI Tak Mau Dievakuasi Keluar Dari Ukraina

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi/Net
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi/Net

Sebanyak 133 warga negara Indonesia (WNI) telah berhasil dievakuasi oleh tim dari KBRI di Ukraina. Sebagian besar dibawa pulang ke tanah air.


"Kita patut bersyukur bahwa per hari ini semua WNI yang ingin dievakuasi telah dievakuasi dan telah tiba di Indonesia dengan selamat. Jumlah total WNI di Ukraina adalah 165 orang, jumlah WNI yang telah keluar dari Ukraina adalah 133 orang,” terang Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (6/4).

Adapun rincian 133 WNI yang berhasil dievakuasi adalah 80 orang dievakuasi menggunakan pesawat ke Indonesia dan 5 orang telah dievakuasi ke Bucharest namun memilih pulang ke negara residensi yaitu ke Rusia, Turki, Denmark, dan Qatar.

"Lalu 34 orang ke Indonesia melalui beberapa gelombang evakuasi lanjutan, 12 orang melakukan evakuasi mandiri ke berbagai negara, dan 2 orang tidak melaporkan diri telah dikonfirmasi berada di Indonesia,” imbuhnya.

Lanjut Menlu Retno, saat ini masih ada 23 orang WNI yang memilih tetap berada di Ukraina.

“Masih terdapat 32 WNI yang memilih tinggal di Ukraina, 23 orang memilih tinggal dengan berbagai alasan pribadi termasuk alasan keluarga dan sisanya adalah staf KBRI,” tutup Retno.