Sering Menolak Diwawancara, Sekda Bondowoso Limpahkan Informasi ke Diskominfo

Bambang Soekwanto/RMOLJatim
Bambang Soekwanto/RMOLJatim

Pernyataan aneh disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Bambang Soekwanto, saat rakor lintas OPD di Pendopo, Rabu (6/4).


Pada beberapa kesempatan, Bambang Soekwanto seringkali manolak saat dikonfirmasi sejumlah awak media. Ia hanya bersedia dikonfirmasi usai pelantikan dirinya dua pekan lalu.

Selebihnya, saat akan dikonfirmasi Sekda Bondowoso ini selalu menolak. Misalnya saat meninjau Bazar Ramadan, ia tidak mau saat dikonfirmasi mengenai kegiatan tersebut.  

Begitu juga usai membuka rapat koordinasi bupati dengan pimpinan perangkat daerah di pendopo bupati, Rabu (6/4/2022). Eks ASN Pemkab Lumajang itu juga tidak mau berbicara pada wartawan yang datang.

Tak hanya itu, pada pelantikan ASN pada 5 April 2022 kemarin. Sekda Bambang Soekwanto juga enggan berbicara saat dikonfirmasi.

Saat memberi arahan di depan seluruh pimpinan OPD dan camat yang hadir dalam rakor lintas OPD tersebut, Sekda yang baru dua pekan dilantik itu menegaskan, bahwa konfirmasi apa pun cukup ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Jadi nanti tolong sampaikan pak Gazhal (Kadis Kominfo), konfirmasi gak usah ke saya," ujarnya saat memberi arahan, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menurutnya, seluruh informasi di seluruh dinas atau OPD harus satu pintu ke Diskominfo. "Jubirnya Pemkab, biar enak satu suara satu frame," imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelum jadi Sekda Bambang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso.

Tetapi Bambang Soekwanto akhirnya dimutasi menjadi staf ahli bupati Bondowoso di awal pemerintahan Bupati Salwa Arifin-Irwan Bachtiar Rahmat.

Kemudian pada Tahun 2019, Bambang mengikuti seleksi terbuka di Kabupaten Lumajang. Akhirnya ia terpilih menjadi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

Setelah 2 tahun sebagai kepala Disparbud Lumajang, tahun 2021, Bambang Soekwanto dimutasi oleh Bupati Thoriqul Haq menjadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Bambang dimutasi bersama 3 Kepala OPD lainnya. Diantaranya Basuni, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik beralih jadi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan; Paimin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Tahun 2022 Bambang Soekwanto kemudian mengikuti seleksi jabatan tinggi pratama Sekda Kabupaten Bondowoso, dan kemudian dipilih oleh bupati dan menjadi sekda definitif setelah hampir 2 tahun diisi Pj.