ODGJ Ngamuk, Petugas Gabungan Dinsos dan Satpol PP Gresik Kewalahan

Petugas gabungan Dinsos dan Satpol PP Gresik saat mengamankan ODGJ/RMOLJatim
Petugas gabungan Dinsos dan Satpol PP Gresik saat mengamankan ODGJ/RMOLJatim

Petugas gabungan dari Dinas Sosial (Dinsos) dan Satpol PP Kabupaten Gresik mengamankan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang biasa berada di kawasan pasar tradisional Gresik.


Pengamanan dilakukan karena keberadaan ODGJ itu sudah sangat meresahkan masyarakat terutama para pedagang dan pengunjung pasar tradisional di Kota Gresik.

Pekerja Sosial Ahli Muda Dinsos Gresik Alfi Ariyanto mengatakan, selama ini pengunjung maupun pedagang merasa terganggu dengan adanya ODGJ. Apalagi, sering membawa kayu dan melempar batu. 

"ODGJ ini diamankan setelah adanya laporan dari masyarakat yang merasa resah dengan perilakunya. Sebab, seringkali berulah dengan melempar batu berkata-kata dengan kalimat kotor. Bahkan BAB di tempat umum, tak peduli banyak orang," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (8/4).

Untuk mengamankan ODGJ ini, lanjut Alfi tidak mudah dan berlangsung cukup alot. Sebab, ODGJ sempat melawan hingga menggigit petugas yang hendak membawanya. 

"Sebelum kita amankan, kita dari Disnos dan tim URC Satpol PP Gresik melakukan monitoring terhadap ODGJ yang dimaksud. Setelah ketemu dikawasan pasar tradisional Kota Gresik, kami langsung amankan. Meski ODGJ ini sempat berontak dan mengigit salah satu rekan kita," ungkapnya.

“Usai diamankan, kita langsung membawanya ke Rumah Sakit (RS) Menur Surabaya, untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan disana,” tukasnya.

Ditanya asal usul ODGJ itu, Alfi menambahkan pihaknya masih mencari informasi. "Berdasarkan keterangan masyarakat ODGJ ini, berinisial YN (53) warga Kelurahan Trate Gresik. Namun,  untuk sementara ODGJ ketempat pengobatan untuk disembuhkan.

"Jika nantinya sudah dinyatakan sembuh dari RS Jiwa Menur Surabaya, baru kami melakukan asesmen secara mendalam guna mendapatkan nama dan alamat asalnya untuk dikembalikan ke pihak keluarganya,” tandasnya.