Bupati Sanusi Rotasi Pejabat di Lingkungan Pemkab Malang

Bupati Malang, H M Sanusi saat melantik para pejabat Pemkab Malang/Ist
Bupati Malang, H M Sanusi saat melantik para pejabat Pemkab Malang/Ist

Bupati Malang H M Sanusi merotasi sejumlah pejabat beserta administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.


Ada sembilan pejabat yang dilantik secara resmi dan diambil sumpah jabatannya di Pendopo Peringgitan Kabupaten Malang, Kamis (14/4).

Dalam pelantikan tersebut, H M Sanusi menyampaikan, bahwa dilakukannya hal itu merupakan salah satu prosedur dalam ranah manajemen birokrasi sebagai bentuk legalitas, dan penegasan atas tugas pokok dan fungsi bagi para pejabat yang mengalami promosi atau mutasi jabatan.

"Pada tahap selanjutnya, dapat segera melakukan adaptasi sekaligus akselerasi pada aspek administrasi dan pelayanan publik di organisasi kerjanya masing-masing," ujar orang nomor satu di Kabupaten Malang itu. 

Sanusi mengakui ada beberapa Kepala OPD yang masih mengalami kekosongan maupun jabatan dobel. Harapannya dapat segera dilakukan pengisian di jabatan yang dobel tersebut. 

"Semoga kekosongan jabatan bisa segera terisi. Sembari menunggu turunnya izin atau persetujuan dari KSN, untuk menjalankan roda Pemerintahan Kabupaten Malang. Kami juga berharap, usai dilantik dan diambil sumpah jabatan, pejabat yang ada harus pro aktif untuk menindak dan berbuat pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme. Harus diingat betul dan tidak melanggar sumpah. Apabila melakukan pelanggaran sudah siap mengundurkan diri,” tuturnya. 

Menurut Sanusi, arah keberlangsungan pemerintahan di Kabupaten Malang dapat dilakukan dengan baik, jika manajemen yang dirancang baik. 

"Ada lima hal dilakukan oleh leader sebagai top manajemen yaitu perencanaan, staffing, organizing, budgeting dan evaluasi. Selain itu, Kami mohon seluruhnya untuk membangun sinergitas, dalam rangka mewujudkan program Pemerintah Kabupaten Malang, dengan prinsip 5K Budaya Kerja ASN Kabupaten Malang yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Kerja Tuntas, Kerja Prestasi," pungkasnya. 

Berikuti ini sembilan pejabat yang dilantik secara resmi dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Malang H M Sanusi. Diantaranya tiga pejabat Eselon 2B yaitu Harry Setia Budi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kini menerima jabatan baru Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Kemudian, Drg Arbani Mukti Wibowo, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan, kini menerima jabatan baru Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Selanjutnya Nurcahyo, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, kini menerima jabatan baru Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah.

Sedangkan, enam lainnya adalah para pejabat Ekselon 3A antara lain, Dwi Ilham Prastyanto, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Tenaga Kerja kini menerima jabatan baru sebagai Camat Karangploso, Hadi Sucipto, yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Jabung menerima jabatan baru sebagai Camat Dau, Indra Gunawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Karangploso mengisi jabatan baru sebagai Camat Jabung.

Berikutnya, M Yekti Prajoyo, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air, kini menerima jabatan baru sebagai Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, dr. Bobby Prabowo, yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Kanjuruhan, kini menjabat Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kanjuruhan dan dr. RA Ratih Maharani, yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kanjuruhan, kini menjadi Wakil Direktur Administrasi dan Keuangan RSUD Kanjuruhan.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Ketua DPRD Kabupaten Malang, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Ketua TP PKK Kabupaten Malang dan jajaran serta sejumlah undangan yang lain.