Kapolres Ngawi Berbagi Tips Aman bagi Pemudik

Petugas Satreskrim Polres Ngawi mengamankan pelaku pencurian dengan sasaran barang milik pemudik/Ist
Petugas Satreskrim Polres Ngawi mengamankan pelaku pencurian dengan sasaran barang milik pemudik/Ist

Bagi para pemudik lebaran saat ini memang dibutuhkan ekstra kewaspadaan, apalagi bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh lintas propinsi.


Untuk mengantisipasi kejahatan terjadi dengan beragam modus, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya memberikan tips aman bagi pemudik yang melintas di wilayahnya. 

AKBP I Wayan Winaya meminta bagi pemudik untuk tidak melanjutkan perjalanan apabila mengalami kelelahan. Ia berharap untuk beristirahat disekitar Pos Pengamanan (Pos Pam) yang telah disediakan.

Disebutkan, di jalur arteri di wilayah Ngawi ada 3 Pos Pam. Antara lain di Mantingan, Monumen Suryo dan Kedungprahu.

"Silahkan bagi saudara kita para pemudik untuk istirahat jika mengalami kelelahan jangan dipaksa berkendara. Istirahatnya harap di dekat Pos Pam yang telah kita sediakan," ujar AKBP I Wayan Winaya, dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Rabu (27/4).

I Wayan memberikan contoh seperti kasus pencurian dengan sasaran barang bawaan pemudik yang ditaruh di dalam kendaraan. Seperti yang baru saja Satreskrim Polres Ngawi berhasil menangkap dua orang pelaku asal Surabaya. Dimana pelaku yang berinisial AK (33) dan HR (40) melakukan aksi pencurian dengan sasaran HP yang berada di dalam kendaraan.

Di tempat terpisah, Kasatreskrim Polres Ngawi AKP Toni Hermawan membenarkan atas kasus tersebut. Komplotan ini mengincar kendaraan yang kacanya terbuka lantas memakai tongsis yang direkati lem untuk mengambil HP. 

"Modusnya unik, mereka beraksi dengan menggunakan tongsis yang sudah dimodifikasi. Dimana ujung tongsis ditempel perekat yang biasa disebut gurita agar HP bisa menempel,” jelas AKP Toni Hermawan.