Komisi 2 DPRD Bondowoso Sikapi Keluhan Warga Terkait PT Medco

Setelah digeruduk warga hingga diadukan ke pemerintah daerah, PT Medco Cahaya Geotermal kini mendapat perhatian serius anggota Komisi 2 DPRD Bondowoso.


Abdul Majid yang merupakan anggota Komisi 2 DPRD sekaligus warga terdampak jalur di 4 kecamatan yang banyak dikeluhkan warga kini juga bersikap.

Menurutnya, sejak 3 tahun yang lalu pihaknya sudah menyampaikan kepada dinas terkait, untuk segera melakukan monitoring dan evaluasi terkait sarana dan prasarana transportasi yang dilewati oleh PT Medco di kawasan Ijen.

"Saya melihat sendiri, banyak infrastruktur seperti jalan dan jembatan yang tidak memenuhi persyaratan dilewati kendaraan yang cukup besar dan itu kerusakannya luar biasa," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (10/5).

Pada waktu itu ada jawaban bahwa prasarana tersebut sudah ada kesanggupan dari Pemerintah, yaitu sudah dilaksanakan perbaikan berupa rehabilitasi jalan.

"Tetapi dengan kapasitas kendaraan yang cukup besar, ternyata sampai saat ini kerusakannya semakin parah. Jadi saya minta kepada Pemerintah untuk segera melakukan koordinasi kepada PT. Medco," tutur anggota Fraksi Gerindra tersebut.

Majid menerangkan, bahwa kalau sekedar mementingkan suksesnya eksplorasi sementara kebutuhan masyarakat yang lain terganggu maka proses pembangunan tidak mencapai tujuan yang sama-sama diinginkan yakni mensejahterakan masyarakat.

Apalagi kapasitas fiskal kita yang semakin sempit, maka kita sulit untuk melaksanakan seperti rehab dan perbaikan jalan.

"Segera mungkin Komisi II melakukan pertemuan dengan jajaran PT. Medco, mungkin kita agendakan di bulan Juni nanti, apalagi dengan adanya laporan dari masyarakat, jadi segera kita tindak lanjuti," ungkapnya.

Ditanya perihal portal di setiap pintu masuk Kecamatan yang saat ini tidak berfungsi, dirinya menuturkan bahwa harus ada analisa dari pihak terkait.

"Kalau dari hasil analisa itu memungkinkan ditutup kembali portalnya, mungkin Pemerintah harus segera bertindak. Kalau dinas terkait menyampaikan masih layak, maka dibuka saja, karena itu juga merupakan kepentingan masyarakat," ungkapnya.

Sebelumnya, DPRD Bondowoso dari Komisi I sudah melakukan koordinasi dengan PT. Medco, akan tetapi mereka membahas tentang ketenagakerjaan.

"Komisi I sudah melakukan koordinasi dengan PT. Medco, namun hanya membahas tentang persoalan ketenaga kerjaan, tidak ada kaitannya dengan persoalan jalan," pungkasnya.