Prof Nuh Kenang Lily Wahid: Beliau yang Menyemangati pada Muktamar NU di Lampung

Prof Muhammad Nuh usai menghadiri pemakaman Nyai Lily Khodijah Wahid  di Pesantren Tebuireng/RMOLJatim
Prof Muhammad Nuh usai menghadiri pemakaman Nyai Lily Khodijah Wahid di Pesantren Tebuireng/RMOLJatim

Wafatnya Ibu Nyai Lily Khodijah Wahid meninggalkan duka mendalam bagi para tokoh nasional. Salah satunya Ketua Dewan Pers periode 2019-2022 Prof Muhammad Nuh.


Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini turut mengantarkan Hj Lily Wahid hingga ke liang lahat di komplek pemakaman Pesantren Tebuireng.

Di hari pemakaman adik kandung Presiden RI ke 4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, Nuh mengisahkan tentang sosok Ibu Nyai Lily Khodijah Wahid.

Menurutnya, Lily Wahid adalah perempuan yang aktif dan sosok yang sangat memikirkan nasib bangsa dan negara.

"Beliau itu salah seorang yang memiliki rasa kecintaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara ini. Hampir ketika setiap kali bertemu dengan saya, pasti pembahasannya menyangkut masa depan nasib bangsa dan negara," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (10/5).

Nuh bersama masyarakat, dan relasi, serta kerabat dari aktifis politik perempuan asal Pesantren Tebuireng yang juga anak dari Menteri Agama era Soekarno ini merasa sangat kehilangan.

"Sehingga tentunya saat ini kita merasa kehilangan sosok ibu yang sangat gigih," ujar Ketua SC Muktamar 34 NU di Lampung akhir 2021 ini.

Selain memikirkan nasib bangsa dan negara, lanjut Prof Nuh menegaskan, sosok Lily Wahid sempat memberikan semangat yang luar biasa saat Muktamar NU pada 22-23 Desember 2021 di Lampung.

"Ibu Hj Lily Wahid sosok yang menyemangati, ia juga memberikan semangat sewaktu Muktamar Nahdlatul Ulama di Lampung lalu," ucapnya.