Temui Perwakilan Warga Terkait PT Medco, Sekda Bondowoso Siap Bersurat

Sekda Bondowoso (Kanan) saat terima aduan perwakilan warga/RMOLJatim
Sekda Bondowoso (Kanan) saat terima aduan perwakilan warga/RMOLJatim

Perwakilan dari warga terdampak ekplorasi PT Medco Cahaya Geotermal secara langsung menemui Sekretaris Daerah Bondowoso, Bambang Soekwanto, Senin (9/5).


Sebelumnya, warga dari 4 kecamatan yakni, kecamatan Tapen, Sukosari, Sumber Wringin, serta Sempol (Ijen) sempat menggeruduk PT Medco karena beberapa problem yang ditimbulkan dari upaya ekplorasi.

Sekretaris Daerah, Bambang Soekwanto, mengatakan, pihaknya usai menerima perwakilan warga akan mempelajari keluhan tersebut. 

Karena, jika merunut pada keluhan warga agar dilakukan pelebaran jalan, sebenarnya pada pemerintahan lalu telah ada MoU. Yang salah satu klausulnya, ada kewajiban bagi PT. Medco Cahaya Geotermal akan menanggung perbaikan fasilitas infrastruktur baik jalan atau pun jembatan sepanjang Gardu Atak hingga Kecamatan Ijen. 

"Dari dasar ini kami akan menindaklanjuti. Pertama akan kami rapatkan dulu bersama tim, baru kami akan ambil langkah berikutnya," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (10/5).

"Dalam waktu dekat kita komunikasikan, sebelum itu akan bersurat," sambungnya. 

Lebih lanjut kata Bambang, jalan tersebut sebenarnya tak boleh dilalui kendaraan berat. Namun, ditolerir karena akan ada eksplorasi panas bumi, dengan klausul bahwa biaya perbaikan ditanggung oleh PT. Medco. 

"Karena kami juga waktu dulu, tahun 2011 saat Kepala bagian perekonomian sempat studi banding ke Garut. Dari Medco juga menyampaikan itu juga nanti tanggungan dari perusahaan," terangnya. 

Sebelumnya diberitakan, Sejumlah perwakilan warga dari empat kecamatan di Bondowoso geruduk PT. Medco Cahaya Geotermal yang tengah melakukan eksplorasi panas bumi di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. 

Demo yang dilakukan pada 26 April 2022 lalu itu, dilakukan oleh perwakilan masyarakat dari Kecamatan Tapen, Sukosari, Sumber Wringin, serta Sempol (Ijen). 

Menurut Abdul Hadi, Koordinator Aksi, pihaknya melakukan hal tersebut untuk meminta PT. Medco Cahaya Geotermal agar melakukan pelebaran jalan, renovasi jembatan, dan membuat tiang yang lebih tinggi untuk kabel listrik di sepanjang jalan dari Desa Jurang Sapi, Kecamatan Tapen hingga Kecamatan Ijen. Atau sekitar 61 kilometer.