Menpora: Indonesia Raih 3 Besar SEA Games Vietnam Berkat DBON Sudah Benar

Menpora RI, Zainudin Amali/Net
Menpora RI, Zainudin Amali/Net

Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar pada ajang SEA Games 2021 Vietnam akhirnya terwujud. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan perolehan 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu dengan total 242 medali.


Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet yang sudah berjuang di lapangan.

Tak lupa, ia juga berterimakasih kepada Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, tim CdM, tim review, NOC Indonesia, KONI serta seluruh stakeholder olahraga yang terkait.

Menurut Zainudin Amali, keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games 2021 Vietnam berkat kerja keras semua pihak, khususnya para atlet. Dan ini menjadi bukti bahwa, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah berjalan di trek yang benar.

“Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi alhamdulilah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Zainudin Amali dalam keterangannya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Senin (23/5).

Namun begitu, Zainudin Amali berharap kepada semua pihak untuk tidak berpuas diri dengan target antara dalam ajang SEA Games Vietnam 2022. Ke depan, kata dia, tantangan Indonesia semakin ketat  lagi ke depan. Merujuk DBON, target utama Indonesia adalah  menjadi pemenang Olimpiade.

“Hasil ini menurut saya belum berhasil, karena tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita adalah Olimpiade, untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia," ujar Menpora.

Lebih lanjut, Zainudin Amalia meyakini, jika perubahan paradigma baru olahraga konsisten dijalankan dengan baik. Maka target Olimpiade 2044 menuju Indonesia Emas tahun 2045, Indonesia akan masuk 5 besar dunia.

“Saya yakin kita bisa menembus 5 besar dunia, jika kita konsisten dengan perubahan paradigma baru olahraga," tandasnya.