Blusukan Temui Warga Terdampak Banjir, Deby Kurniawan DPR Fraksi Demokrat Bagikan Bantuan

Deby Kurniawan saat menyerahkan bantuan sembako/RMOLJatim
Deby Kurniawan saat menyerahkan bantuan sembako/RMOLJatim

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Deby Kurniawan blusukan berbagi ceria  melakukan aksi sosial kepada sejumlah warga terdampak banjir yang melanda di wilayah kabupaten Lamongan.


Aksi tersebut dengan memberi bantuan sembako kepada warga Desa Kemlagi Lor Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, Minggu (29/5) pagi.

"Saya sangat prihatin, ketika ada informasi selama enam bulan rumah warga masih ada yang digenangi akibat banjir," kata Iwan sapaan akrab Deby Kurniawan kepada Kantor Berita Kantor Berita RMOLjatim.

Iwan yang juga Ketua DPC Demokrat Lamongan  dalam kunjunganya juga turut  membantu warga untuk membersihkan enceng gondok yang berada di aliran sungai  Bengawan Jero yang melintas di wilayah Kecamatan Turi Lamongan. 

"Bersama warga kami membantu membersihkan enceng gondok yang mengganggu aliran sungai, sehingga menyebabkan adanya banjir selama ini," jelasnya.

Muji salah seorang warga mengatakan dirinya bersama warga setempat sudah melakukan pembersihan enceng gondok secara rutin, agar tidak terjadi banjir tetapi masih kewalahan.

"Perkembangan enceng gondok sangat cepat, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak," ujarnya. 

Sementara, Kepala Desa Kemlagi Lor Kecamatan Turi, Abdul Rohim mengatakan, selama ini pembersihan enceng gondok hanya dilakukan oleh warga dengan kordinasi pemerintah desa, sehingga hasilnya kurang maksimal. 

“Kami berharap, Pihak terkait turut melakukan pembersihan enceng gondok, karena kalau hanya ditangani Pemdes, maka tidak akan selesai-selesai mengingat pertumbuhan enceng gondon sangat cepat,” bebernya.

Selain itu, keterbatasan anggaran desa juga menjadi faktor penentu atas kemampuan desa untuk menuntaskan tanaman jenis  gulma tersebut. 

“Butuh alat berat dan tenaga ekstra untuk menuntaskan.  Selama ini warga desa hanya mengandalkan gotong royong dan alat seadahnya,” tutupnya.