Lantik 186 Pramuka Garuda Penegak, Bupati Yuhronur Siapkan Generasi Hadapi Tantangan 2045

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat melantik Pramuka Garuda Penegak di Pendopo Lamongan/RMOLJatim
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat melantik Pramuka Garuda Penegak di Pendopo Lamongan/RMOLJatim

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak Pramuka Penegak Garuda untuk memperkaya wawasan ilmu pengetahuan dan literasi. Hal tersebut guna menyiapkan generasi Indonesia di tahun 2045 yang penuh dengan tantangan.


Hal itu disampaikan Bupati Yuhronur saat melantik sebanyak 186 Pramuka Garuda Penegak di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Selasa (31/5).

Menurut Bupati Yuhronur, Pramuka Penegak mengemban tanggungjawab menjalankan tugas sebagai contoh dan teladan sebagai pemimpin di masa depan.

“Pemimpin masa depan tanggungjawab pada kalian semua. Untuk itu perkaya wawasan karena pemimpin masa depan dan penghuni Indonesia di tahun 2045 adalah orang-orang yang kuat jiwa dan raga, serta berakarakter,” ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLjatim, Selasa (31/5).

Yuhronur yang juga Kamabicab Gerakan Pramuka Lamongan juga mengajak untuk terus memperkaya wawasan ilmu pengetahuan dan literasi, baik itu literasi baca tulis, numerasi, sains, digitalisasi, financial, maupun budaya dan kewargaan.

“Teruslah belajar, perkaya diri dengan berbagai wawasan ilmu pengetahuan dan literasi. Semuanya boleh berakhir, tapi ilmu pengetahuan tidak boleh berakhir,” tegasnya.

Dia mengingatkan bahwa Pramuka Penegak Garuda harus siap sedia untuk menjalankan 3 semboyan pramuka. Selain itu juga harus setia menjaga marwah pramuka, siap selalu menjalankan tugas pramuka penegak garuda sebagai contoh dan teladan, serta harus siaga.

Ketua Kwartir Cabang Pramuka Lamongan Moh Nalikan mengatakan bahwa peserta yang telah lolos sebagai pramuka penegak sejumlah 191 orang, tetapi yang mengikuti pelantikan hari ini sebanyak 186 orang, 5 orang berhalangan hadir.