Tokoh Senior Minta Kader Muda Waspada Golkar Dibajak Kekuatan Gelap

Tokoh senior Golkar, Zainal Bintang meminta seluruh kader terutama kader muda Golkar untuk mengantisipasi adanya upaya pembajakan orang luar.


“Gonjang-ganjing yang menerpa Golkar akhir-akhir ini, termasuk isu Munaslub, harus diantisipasi kader Golkar di seluruh Indonesia,” kata Bintang kepada wartawan, Sabtu (4/6).

Maraknya isu upaya kelompok “non-Golkar” dari luar yang ingin “mengkooptasi” parpol berlambang Beringin rindang itu, membuat Bintang memandang perlu mengingatkan kepada kader-kader muda supaya mawas diri.

“Jangan biarkan Golkar dicaplok orang luar untuk kepentingan tertentu,” ujar kader teras Ormas MKGR, salah satu pendiri Golkar bersama Soksi dan Kosgoro (1964) dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Indikasi adanya upaya pencaplokan itu, sambung Bintang, didorong oleh meningginya dinamika politik menjelang Pemilu 2024.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Dahlan Iskan (DI) dalam artikelnya dalam Koran “Disway” yang berjudul “Munaslub Kendaraan” (2 Juni 2022).

Dalam tulisannya itu DI mengatakan, “Itulah yang kini banyak dibincangkan. Sampai-sampai muncul spekulasi kenekatan yang lain: Ganjar dilewatkan Golkar saja! Jalan menuju ke sana pun sudah jadi bahan rumor yang asyik. Termasuk di dalam Golkar sendiri. Tentu, kalau bisa, Golkar akan diminta baik-baik. Termasuk tidak perlulah bikin syarat ketua umumnya minta jabatan cawapres. Dijamin tetap menjadi menko kan juga tidak kalah bergengsi –toh kemungkinan besar tidak akan ada lagi kasus minyak goreng. Yang penting tetap bisa melangsungkan tradisi Golkar: tetap berada dalam kekuasaan”.

Menurut Bintang, gonjang-ganjing dalam tubuh Golkar setiap menjelang Pemilu atau Munas memang bukan hal baru.

Dia menyebut peristiwa Munas Golkar di Bali (2004), waktu Jusuf Kalla (JK) dengan mudah melengserkan Akbar Tandjung (AT) yang saat itu berstatus petahana. JK sebagai Wapres sedangkan AT tidak ada jabatan. Pada Munas Golkar di Pekanbaru (2009) berulang lagi “ketegangan”.

Abu Rizal Bakrie (ARB) yang didukung Presiden SBY dengan mudah mengalahkan Surya Paloh (SP) yang didukung JK. Kedua tokoh itu waktu itu, tidak punya jabatan.

Namun demikian, Bintang mewanti-wanti kepada pemimpin muda Golkar supaya tetap solid. Kompak. Mawas diri selalu.

“Kompak merawat dan melindungi Golkar dari upaya-upaya kooptasi. Jangan mudah dipecah belah. Intinya, kader muda jangan biarkan Golkar dibajak kekuatan gelap!” pungkasnya.