Puncak Haji Akbar, Jamaah KBIHU Assuniyah Jember Sudah di Arafah Persiapan Wukuf

Jamaah KBIHU Assuniyah kencong Jember saat berada di tenda Arafah/Ist
Jamaah KBIHU Assuniyah kencong Jember saat berada di tenda Arafah/Ist

Seluruh jamaah calon haji asal Kabupaten Jember yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 24, kloter 26 dan kloter 27, sudah berada di Padang Arafah, untuk persiapan melakukan ibadah wukuf.


Wukuf merupakan salah satu rukun haji dan jamaah haji yang harus tinggal di Padang Arafah pada hari ke-9 Dzulhijjah.

Diketahui, Arafah adalah daerah terbuka dan luas, berada di sebelah timur luar kota suci umat Islam di Mekkah, Arab Saudi. 

"Seluruh jamaah Assuniyah Kencong dan jamaah Kloter 27, sudah berada di tenda Arofah. Kondisinya baik-baik saja dan cuaca 41 derajad celsius," kata ketua KBIHU Assuniyah Kencong, KH Ahmad Ghanim Jauhari, melalui pesan tertulisnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (7/7).

"Mudah-mudahan cuaca ini tidak berubah, karena masuk kondisi cuaca tidak terlalu panas, kalau di Arab Saudi," sambungnya.  

Dia menjelaskan, pelaksanaan ibadah tahun 2022 ini bersamaan dengan haji Akbar. Haji akbar terjadi apabila hari wukuf jatuh pada hari Jumat.

"Insyaallah wukuf di Arafah jatuh pada hari Jumat, 9 Zulhijah 1443 H/8 Juli 2022," terang dia. 

Masyaallah, kita melaksanakan Haji Akbar, Haji Akbar adalah suatu hari yang diimpikan oleh para tamu Allah. Yang identik dengan melakukan wukuf pada hari Jumat. 

Menurut dia, haji akbar adalah suatu hal yang luar biasa, hadiah bagi jamaah yang tertunda selama 2 tahun.

Mulai Jumat (8/7) besok, pukul 11.30 Waktu Arab Saudi (WAS), Jemaah mulai melakukan persiapan Dzuhur kemudian dilanjut dengan khotbah wukuf Arofah.

Untuk khotbah wukuf di Arofah di tenda KBIHU Assuniyah dipimpin KH Ahmad Ghanim.  

Kloter 27 ada 2 tenda, satu tenda diisi full jamaah Assuniyah ditambah sebagian jamaah mandiri. Dengan 2 tenda ini otomatis ada 2 khotbah wukuf Arafah. 

Dia menjelaskan bahwa suasana di perjalanan juga lancar, karena jumlah jamaah tahun ini terbatas, sekitar 1 juta jiwa, tidak seperti biasanya berjumlah 2 juta jiwa. 

Dia berharap, pelaksanaan ibadah haji tahun depan berjalan lancar dan quotanya ditambah seperti dalam situasi normal.

Hal senada disampaikan jamaah calon haji kloter 24, Sucipto. Dia menjelaskan, jamaah kloter 24, gabungan jamaah Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Sidoarjo ini, tiba di Arafah, pada Kamis pukul 14.30 WAS.

"Malam ini sudah menunjukkan pukul 18,20 WAS. (22.20 WIB)," katanya.

"Alhamdulilah, jamaah asal Jember tetap sehat. Sekarang hingga besok Jumat, kita fokus ibadah wukuf, dzikir dan berdoa," pungkasnya.