Jelang Nominasi Kota Bersih, Bupati Malang Tinjau 11 TPS

H M Sanusi saat meninjau lokasi salah satu TPS di Kabupaten Malang/Ist
H M Sanusi saat meninjau lokasi salah satu TPS di Kabupaten Malang/Ist

Bupati Malang, H M Sanusi meninjau 11 titik Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di 6 kecamatan. Yakni Kecamatan Dau, Karangploso, Singosari, Pakis, Tumpang dan Poncokusumo.


Peninjauan langsung di 11 TPS tersebut untuk mempersiapkan Kabupaten Malang dalam nominasi Kota Bersih Asian (Clean City) oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Maka dari itu, tidak boleh ada sampah berserakan, sehingga nanti akan ada Peraturan Daerah yang mewajibkan masyarakat untuk memilah sampah, dan di larang membuang sampah sembarangan dan membuang di tempatnya, dari Indonesia Bersih akan dilanjutkan menjadi Kabupaten Malang Bersih," ujar Sanusi dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (16/7).

Selain itu, Sanusi juga menyampaikan, dalam peninjauannya juga bertujuan untuk memberikan pemahaman, agar tidak ada lagi penimbunan-penimbunan sampah yang ada di TPS dan pasar. 

"Kami akan terus melakukan evaluasi, kemungkinan enam bulan sudah bisa dipastikan seluruh TPS di Kabupaten Malang akan bersih," ujarnya.

Bahkan, Sanusi menekankan, di setiap TPS nantinya, harus memiliki pemandangan yang bersih. Serta, setiap TPS yang menjadi tempat pengolahan untuk pupuk kompos akan di kerjasamakan dengan PT Petrokimia, untuk dibuat menjadi Pupuk Organik. Dengan begitu, persoalan sisa sampah di Kabupaten Malang tidak ada. 

"Nanti, seluruh Kepala Desa dan Camat di Kabupaten Malang akan di undang dalam acara Launching Kota Bersih Asian untuk berprilaku bersih, karena kebersihan ini bukan kebutuhan Bupati Malang. Akan tetapi kebutuhan dan kesehatan masyarakat, maka nanti persoalan sampah semua pihak bertanggung jawab," pungkasnya. 

Sekedar informasi, Sanusi telah mengunjungi 11 TPS, diantaranya yaitu TPS3R Desa Mulyoagung Kecamatan Dau. TPS Desa Tegalgondo dan TPS Desa Ampelgento Kecamatan Karangploso.

Kemudian berlanjut ke TPS Desa Kelampok, TPS Pasar Singosari, TPS3R Watu Gede Kecamatan Singosari. TPS Desa Sumberkeradenan, TPS Desa Kedung Rejo Kecamatan Pakis. 

Lalu, berlanjut ke TPS hasil clean up Desa Tulus Besar Kecamatan Tumpang. TPA/rest area Desa Paras Kecamatan Poncokusumo. 

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Sanusi didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat dan beberapa jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang.