Hadiri Rakerda Himperra Jatim, Gubernur Khofifah Dukung Wujudkan Perumahan Murah untuk Masyarakat Menengah ke Bawah

Khofifah Indar Parawansa/Ist
Khofifah Indar Parawansa/Ist

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan dukungannya untuk mewujudkan perumahan murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bersama Himpunan Pengembang Pemukiman Dan Perumahan Rakyat (Himperra).


Hal itu disampaikan Gubernur Khofifah saat menghadiri rapat kerja daerah DPD Himperra Jatim tahun 2022 di Ballroom Isyana, Hotel Bumi Surabaya, Selasa (26/7) siang.

"Saya dengan sukacita mendukung apa yang menjadi harapan dan keinginan Himperra Jawa Timur. Sebab, kebutuhan papan adalah kebutuhan pemenuhan kesejahteraan masyarakat yang memang harus dipenuhi," kata Khofifah.

Sebagai bentuk dukungan, Pemprov Jatim dapat merumuskan kebijakan atau regulasi khusus terkait pendirian perumahan murah bagi masyarakat. Sebab, pendirian perumahan murah bagi masyarakat tidak bisa lepas dari proses-proses perumusan regulasi agar implementasinya di lapangan terlaksana sesuai ketentuan.

"Apa yang menjadi problem mohon diidentifikasi dan direkomendasikan melalui forum Rakerda Himperra kali ini, kita pilah mana kewenangan kabupaten-kota, provinsi dan pusat," jelas Khofifah dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Gubernur Khofifah juga berpesan agar hasil rakerda segera ditindaklanjuti. Khususnya identifikasi terkait kewenangan pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Khofifah pun siap berkirim surat kepada pemerintah pusat untuk meneruskan apa yang menjadi harapan Himperra.

"Jadi untuk kawan-kawan Himperra se-Jatim sangat banyak hal yang ketika kita inventarisir kemudian harus  bersurat kepada institusi yang punya kewenangan untuk melakukan deregulasi atas regulasi yang ada, menurut saya akan sangat efektif," ujarnya.

Pada Rakerda DPD Himperra ini juga diselenggarakan seminar dengan tema Pengaruh Perubahan Sistem Perijinan terhadap Perkembangan Ekonomi Sektor Properti.

Hadir Ketua Umum DPP HIMPERRA Endang Kawidjaja, Ketua DPD HIMPERRA Jawa Timur Supratno, Kakanwil BPN Jatim, Perwakilan Kementrian PUPR (Koordinator NSPK dan Rentek) Suminarti.

Hadir mendampingi Gubernur Jatim Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jatim, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya Provinsi Jatim, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, dan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jatim.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan zakat produktif oleh Gubernur Khofifah didampingi oleh Ketua Umum DPP HIMPERRA dan Ketua DPD HIMPERRA Jatim untuk 50 UMKM yang secara simbolis diberikan kepada 10 orang penerima.