Kades di Malang Didemo hingga Dituntut Mundur Warganya, Ini Penyebabnya

Warga Desa Kuwolu, Malang saat demo dan tuntut kades mundur/Ist
Warga Desa Kuwolu, Malang saat demo dan tuntut kades mundur/Ist

Kepala desa (Kades) Kuwolu, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang didemo dan dituntut mundur oleh warganya.


Hal itu dipicu setelah Kades Kuwolu bernama Barudin memecat beberapa orang perangkat desa tanpa alasan apapun. Diantaranya adalah Lukman Hakim, Nur Hadil Makruf Kaur Kesra, Siti, Bendahara dan Wasis Kaur Pemerintah.

Hingga malam ini, warga masih nampak bertahan dengan membentangkan dua spanduk bertuliskan, Balai Desa Kuwolu Ditutup Warga serta Turunkan Kades. Selain itu, nampak juga petugas TNI dan Polri menjaga Balai Desa Kuwolo tersebut.

Salah satu warga, Lukman Nur Hakim mengungkapkan, bahwa empat orang perangkat desa diberhentikan pada dua minggu lalu. 

"Kami bersama masyarakat di sini menuntut kejelasan, kenapa empat perangkat ini dipecat," tuturnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (28/7). 

Tak hanya itu, Lukman juga menyebut, selain melakukan pemecatan pada empat perangkat desa, Kades juga melibatkan tim sukses untuk masuk kepengurusan desa.

"Pertanyaan kami, saudara Soni ini sebagai apa di Desa. Pasalnya mengatur administrasi desa dan melakukan pengancaman kepada salah satu perangkat," terang Lukman.

Masih kata Lukman, bahwa Kades Kuwolu Bululawang juga diduga menyelewengkan Tanah Kas Desa.

 "Ini rentetan masalah Tanah Kas Desa Soko Dayo yang terdahulu," pungkasnya. 

Hingga berita ini dikirim ke redaksi, masih belum ada jawaban dari Kades Kuwolu saat dikonfirmasi oleh media ini melalui pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp.