Pemilu 2024, PDIP: Paling Ideal 2 atau 3 Paslon

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto/Ist
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto/Ist

Ambang batas pencalonan presiden atau Presidential Threshold (PT) menjadi syarat yang tidak mudah dan kendala bagi partai politik untuk menentukan calon presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024.


Demikian disampaikan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Menurut Hasto, PT 20 persen merupakan syarat Pemilu yang tidak mudah untuk dicapai.

Sesuai aturan yang termaktub dalam UU Pemilu, partai politik dibebankan PT 20 persen sebagai syarat utama mengusung calon presiden dan wakil presiden pada pemilu mendatang.

Dengan demikian, Hasto berpendapat bahwa paling ideal calon presiden pada Pemilu mendatang dimungkinkan tiga pasangan calon.

"Di dalam konteks yang ideal, mengingat syarat-syarat menang Pemilu tidak mudah karena itu basis legitimasi seorang pemimpin nasional kita, tentu paling ideal itu 2 Paslon atau 3 paslon paling banyak,” kata Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Minggu (31/7).

Menurutnya, Pemilu yang akan datang digelar seefisien mungkin. Selain itu, Hasto berharap Pemilu 2024 mendatang dapat melahirkan pemimpin yang baik.

Ia mengakui bahwa PDIP secara simultan melakukan berbagai simulasi pelaksanaan Pemilu. Teknisnya, dengan menyesuaikan konteks sosial dan politik yang tidak terlepas dari dinamika politik internasional.

"Jelas kita ingin Pemilu itu efisien, Pemilu itu efektif, dan mampu melahirkan kepemimpinan nasional yang hebat,” pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news