Istu Hari Subagio Berharap Eksekutif Dan Legislatif Bersatu Cari Solusi Masalah Petani Di Desa

Wakul Ketua DPRD Jatim Istu Hari Subagjo/ist
Wakul Ketua DPRD Jatim Istu Hari Subagjo/ist

Wakil Ketua DPRD Jatim Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio berharap agar seluruh anggota dan pimpinan DPRD Jatim bisa bersinergi untuk bekerja dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Jatim supaya mereka bisa makin sejahtera.


Hal itu dikatakan Istu Hari Subagio saat pelantikan sebagai pimpinan DPRD Jatim beberapa waktu lalu.

"Utamanya, mencarikan solusi terkait persoalan masyarakat petani di pedesaan untuk ditindaklanjuti bersama eksekutif agar Jatim menjadi provinsi andalan Indonesia," katanya.

Seperti diketahui, wakil ketua DPD Golkar itu resmi dilantik menjadi wakil ketua DPRD Jatim dari Fraksi Partai Golkar. Sebelumnya, Istu menduduki jabatan Plt Wakil Ketua DPRD Jatim menggantikan posisi Sahat Tua Simanjuntak pada 21 Desember 2023.

Pengambilan sumpah dan jabatan, mantan Ketua DPRD Jatim itu digelar pada rapat paripurna DPRD Jatim, Rabu (5/2/2024) dipimpin Anwar Sadad MAg selaku wakil ketua DPRD Jatim dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim.

"Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini berdasarkan SK dari Mendagri. Selamat Pak Estu, semoga bisa menjalankan amanah ini dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim," ujar Gus Sadad sapaan akrabnya.

Sedangkan untuk prosesi pengambilan sumpah dan jabatan dipimpin langsung oleh kepala Pengadilan Tinggi Jatim dibantu petugas rohaniawan dari Kanwil Kemenag Jatim, serta turut menyaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Sekdaprov Jatim Adhy Karyono.

Sementara itu, Istu Hari Subagio usai pelantikan sangat bersyukur dirinya telah menjabat wakil ketua DPRD Jatim definitif karena sebelumnya hanya menjadi Plt.

"Alhamdulillah saya akhirnya telah resmi dilantik menjadi wakil ketua DPRD Jatim," ucapnya.

Sesuai dengan tugas dan kewenangan yang diberikan, kata Istu, tugas sebagai salah satu wakil ketua DPRD Jatim adalah menjadi kordinator komisi bidang hukum dan pemerintahan atau Komisi A.

"Sebelumnya saya juga menjadi ketua Komisi A. Dan jabatan itu sudah saya serahterimakan kepada Adam Rusydi sehingga saya bisa konsentrasi sebagai wakil ketua DPRD Jatim," ungkap politisi asal Dapil Nganjuk - Madiun.