Truk Trailer Angkut Triplek Timpa Mobil Panther, Tiga Penumpang Tewas Dan Empat Luka-luka

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

3 orang penumpang mobil minibus Isuzu Panther tewas dalam satu keluarga dan 4 orang lainnya terluka tertimpa truk trailer bermuatan bahan triplek, yang terguling di tikungan Desa Sumberketimpa Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Sabtu (30/7) siang. Akibat kejadian nahas tersebut, jalan yang menghubungkan Kecamatan Kalisat dengan Kecamatan Sukowono menjadi macet total. Sebab, butuh waktu lama untuk mengevakuasi mobil Panther dengan 7 Penumpang tersebut.


"Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, saat truk trailer nopol L 8375 UW bermuatan triplek dan Minibus Panther Nopol P. 1256 SI  berpapasan ditikungan di jalan Desa Sumberketimpa," kata Kepala Desa Sumberketimpa, Ertin Budi Rahayu, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Menyusul kejadian tersebut, warga segera menghubungi polisi untuk melakukan evakuasi korban yang terhimpit body mobil, yang tertindih body truk trailler, yang penuh dengan muatan triplek. Satu-satu persatu korban dikeluarkan dari mobil, yang sudah ringsek tersebut, untuk dievakuasi ke RSD Ajung Kalisat. 

"Korban meninggal berjumlah 3 orang," katanya.

Informasi yang dihimpun Kantor Berita RMOLJatim, 3 orang yang meninggal dunia yaitu Jamar, Pria (70), Lilik Ponti Rahayu, Wanita (50), Ahmad Rajib Hasbi Maulana (20), Mahasiswa, masing-masing warga Dsn. Rowo RT 3 RW 13 Desa Pakusari Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Sedangkan 4 orang yang terluka adalah Suwarso (45), Pengemudi Isuzu Panther), Suswati (45), Alwi Dahlan (62) dan Ilmiyatul Hasanah(29) masing-masing memiliki alamat yang sama. 

Sementara Kanit Kecelakaan lalulintas Polres Jember, Ipda Edy Purwanto, saat dikonfirmasi membenarkan adanya laka tersebut. Namun hingga Sabtu malam polisi  masih melakukan olah TKP kasus tersebut serta mencari saksi-saksi.

Truk yang terguling dikemudikan Sopir truck trailler, bernama  Mohammad Paing (42) warga  Dusun Bengkingan RT. 05 RW. 02 Desa Kalirejo Kec. Dringu Kabupaten Probolinggo. 

"Kami sudah mengamankan sopir truk di Mapolsek Kalisat," jelas Edy. 

Dia menjelaskan kronologi kejadian kecelakaan yang menimpa 7 korban, bermula dari truck trailler bermuatan triplek dari arah utara ke selatan Dusun Pancoran Desa Sumberketimpa.

Setelah melintasi rel kereta api yang sudah tak terpakai di tikungan tajam dan kondisi jalan miring.  Truk trailler tersebut bergoyang dan akhirnya terguling menimpa mobil Isuzu Phanter sedang lewat dari arah selatan ke utara di jalan tersebut. 

"Korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke RSD Kalisat untuk mendapatkan penanganan medis," katanya. 

"Kerugian material diperkirakan mencapai Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah)," sambungnya.