Rayakan HUT RI ke 77, Relawan Des Ganjar Ponorogo Gelar Berbagai Lomba

Lomba 17 an oleh Relawan Des Ganjar/ist
Lomba 17 an oleh Relawan Des Ganjar/ist

Ratusan warga terlihat ceria dalam melakukan lomba 17 Agustus di Desa Sendang, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. Lomba yang diadakan oleh relawan Des Ganjar ini tidak hanya diikuti oleh warga setempat. Namun juga seluruh relawan Des Ganjar di bumi reog.


Selain merupakan acara peringatan hari kemerdekaan. Kegiatan  tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan sikap kebersamaan, semangat patriotosme, dan cinta NKRI. 

Kegiatan ini diawali dengan pengibaran bendera merah putih, seluruh peserta yang hadir dengan penuh semangat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sejenak suasana pun terasa hikmad. 

Setelah penghormatan bendera usai, acara dilanjutkan dengan kegiatan lomba. Ada dua macam perlombaan yang digelar, yakni lomba panjat pinang dan lomba menangkap ikan. 

Untuk lomba menangkap ikan, peserta tidak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak dan juga para ibu banyak yang ikut. Ada satu kuintal ikan lele dilepaskan di kolam ini, yang kemudian diperebutkan.

Peserta yang paling banyak menangkap ikan akan mendapatkan hadiah. Sementara untuk lomba panjat pinang hanya diikuti remaja dan orang dewasa. 

“Ini merupakan wujud kepedulian terhadap para pahlawan yang telah gugur dalam pemperjuagkan kemerdekaan Indonesia,” ujar ketua Des Ganjar Kabupaten Ponorogo, Barno.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air. Juga semangat kebersamaan, gotongroyong, serta jiwa patriotisme. 

“Kegiatan serupa rencananya akan digelar di tujuh titik di Ponorogo. Saya berharap masyarakat bisa berpartisipasi dalam kegiatan perayaan kemerdekaan ini,” pungkasnya.