Kadis Kominfo dan BPBD Jatim Bahas Portal Satu Data Kebencanaan 

Pertemuan Kepala Diskominfo Jatim dan BPBD Jatim membahas Portal Satu Data Kebencanaan, Senin (22/8/2022), di kantor Diskominfo Prov Jatim/ist
Pertemuan Kepala Diskominfo Jatim dan BPBD Jatim membahas Portal Satu Data Kebencanaan, Senin (22/8/2022), di kantor Diskominfo Prov Jatim/ist

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Prov Jatim), Hudiyono, mendengarkan paparan tentang Portal Satu Data Kebencanaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur di kantornya, Senin (22/8/2022).


Portal Satu Data Penanggulangan Bencana Jawa Timur ini berisi data dan informasi yang terkait dengan Kebencanaan/Penanggulangan Bencana, khususnya di wilayah Jawa Timur.

“Karena ini merupakan sebuah potensi dan strategis, sesuatu yang harus dijual, sesuatu yang harus dipamerkan. Jadi saya berharap semoga ini bisa segera terwujud,” ujar Kadis Hudiyono.

Ia pun menggarisbawahi pentingnya sinergisitas dan koordinasi yang baik dari BPBD Jatim, Kominfo Jatim, dan seluruh pemangku kepentingan terkait. “BPBD dan Kominfo Jatim itu sama-sama saktinya. Kalau Kominfo sakti di peralatan, kami akan optimalkan di sana,” ujar Kadis Hudiyono yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Statistik, Diskominfo Jatim, Nirmala Dewi, beserta tim.

Adapun instansi terkait kebencanaan yang akan bersinergi, antara lain Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Jatim; Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda; dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Pusdalops BPBD Jatim merupakan unit dari BPBD Jatim yang bertugas memantau kejadian, menerima, mentriangulasi, menganalisa, menyimpan, dan mendiseminasikan data/informasi seputar kebencanaan.

Kemudian BMKG Juanda atau Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo - Jawa Timur merupakan koordinator Stasiun MKG di wilayah Jawa Timur. Sementara PVMBG mempunyai tugas melaksanakan penelitian, penyelidikan, perekayasaan dan pelayanan di bidang vulkanologi dan mitigasi bencana geologi.[adv kominfo jatim]