Tingkatkan Kompetensi Akademik Atlet, UWP dan KONI Jatim Tandatangani Kerjasama 

Penandatangan kerjasama antara UWP dan KONI Jatim/RMOLJatim
Penandatangan kerjasama antara UWP dan KONI Jatim/RMOLJatim

Universitas Wijaya Putra (UWP) dan KONI Jatim melakukan penandatanganan kerjasama dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi akademik atlet ju-jitsu berprestasi dan kualitas olahraga prestasi di Jawa Timur.


Penandatanganan tersebut dilakukan disela-sela pelaksanaan pelantikan Pengprov Institut Ju-jitsu Indonesia (IJI) Jawa Timur dan Pengurus Besar Ju-jitsu Indonesia (PB.JI) Provinsi Jawa Timur di Narita Hotel Surabaya, Minggu (28/8).

Rektor UWP Dr. Budi Endarto, S.H., M.Hum mengatakan, selama ini UWP memiliki kepedulian yang tinggi dalam pengembangan atlet-atlet berprestasi. 

"Semua lulusan SMU yang memiliki prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik diberi kemudahan untuk melanjutkan studi di UWP, berupa keringanan atau pembebasan biaya studi," kata Budi dalam sambutannya.

Dengan adanya penandatanganan kerjasama, lanjut Budi, secara moral semakin menguatkan langkah-langkah yang selama ini sudah dilakukan UWP dalam meningkatkan kompetensi akademik para atlet. 

"Khusus bagi atlet-atlet ju-jitsu yang memiliki prestasi baik lokal, regional, nasional dan terlebih internasional yang belum berkesempatan mengenyam Pendidikan tinggi, kami membuka seluas-luasnya untuk meningkatkan potensi bersama UWP," ujarnya.

"Dengan demikian, prestasi di bidang olahraga beladiri ju-jitsu tetap terasah tanpa meninggalkan kompetensi akademiknya," tandas Budi Endarto.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jatim Drs. M. Nabil, M.Si mengatakan, jika penandatanganan kerjasama dengan UWP ini merupakan salah bentuk komitmen perguruan tinggi dalam meningkatkan kompertensi akademik bagi para atlit berprestasi.

"Kami sangat berterimakasih kalau semua perguruan tinggi memiliki komitmen yang tinggi sepertihalnya UWP. Peningkatan prestasi bagi para atlit, termasuk ju-jitsu didalamnya, tidak hanya menjadi tanggung-jawab pemerintah (dalam hal ini KONI), tetapi semua pihak, termasuk perguruan tinggi," katanya.

Dengan adanya Kerjasama seperti ini, lanjut Nabil, maka para atlit yang berprestasi bisa semakin fokus dalam meningkatkan prestasinya di bidang olahraga yang ditekuninya, termasuk ju-jitsu. 

"Saya sangat senang dan mendukung sekali upaya-upaya terobosan yang dilakukan oleh Rektor UWP dalam memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang berprestasi di bidang olah raga dengan memberikan besiswa sampai lulus," pungkasnya.