Memanas, Warga Tolak Tambang Emas Gunung Salakan Halau Tim PT BSI

Seratusan warga saat menghalau tim dari PT BSI yang hendak melakukan aktivitas terkait pertambangan emas di Gunung Salakan mendapat pengawalan aparat/repro
Seratusan warga saat menghalau tim dari PT BSI yang hendak melakukan aktivitas terkait pertambangan emas di Gunung Salakan mendapat pengawalan aparat/repro

Ketegangan terjadi antara warga tolak tambang emas Gunung Salakan di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi kontra Tim PT Bumi Suksesindo, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk.


Tepatnya, pada Sabtu siang, (27/8), di sekitar kawasan Gunung Salakan. Seratusan masyarakat menghalau tim PT BSI yang kala itu mendapat kawalan aparat Polresta Banyuwangi, termasuk aparat di kepolisian sektor Pesanggaran.

Beruntung, tidak terjadi saling baku hantam antara warga dengan kubu operator tambang emas yang tersulut emosi setelah bersitegang.

Masyarakat berharap, Gunung Salakan tidak dieksploitasi seperti di Gunung Tumpang Pitu. Agar kawasan tersebut tetap lestari dan dapat menjadi benteng warga dari ancaman bencana alam, seperti tsunami.

Sedang, dari kubu operator tambang emas yang dikawal polisi ngotot hendak memasuki kawasan Gunung Salakan dengan narasi meyakinkan masyarakat. Bahwa pada prinsipnya kerja-kerja pertambangan nantinya untuk kemaslahatan seluruh warga.

“127 personel mas,” ujar Kasi Humas Polresta Banyuwangi, Iptu Moch Agus Winarno, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (29/8).

Dalam operasi pengaman tersebut, dipimpin Kabag Ops Polresta Banyuwangi, Kompol Agung Setya Budi.

Selain itu, juga ada Kasat Sabhara Polresta Banyuwangi, AKP Subandi beserta Satuan Intelkam dan Kapolsek Pesanggaran, AKP Basori.

Di bulan ini saja, berdasarkan informasi yang dihimpun, Tim dari PT BSI yang hendak menuju kawasan Gunung Salakan tercatat dua kali, pada Kamis (11/8) dan Sabtu (27/8).

Dalam kegiatan itu, dua kali pula tim dari kubu operator tambang emas dihalau oleh warga agar tidak melakukan survei atau terkait aktivitas eksplorasi hingga eksploitasi pertambangan emas Gunung Salakan, di wilayah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.