Diskominfo Jatim Gelar Bimtek Infrastruktur TIK

Kepala Diskominfo Jawa Timur Hudiyono saat membuka Bimtek Pengelolaan Infrastruktur TIK secara virtual, Kamis (15/9/2022)/Ist
Kepala Diskominfo Jawa Timur Hudiyono saat membuka Bimtek Pengelolaan Infrastruktur TIK secara virtual, Kamis (15/9/2022)/Ist

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Infrastruktur TIK di Hotel Royal Ambarukmo Jogjakarta pada 14-16 September 2022.


Bimtek Pengelolaan Infrastruktur TIK yang dibuka secara virtual oleh Kadis Kominfo Hudiyono, Kamis (15/9/2022) ini diikuti oleh Dinas Kominfo Kabupaten/Kota Se–Jawa Timur.

Dalam sambutannya Hudiyono mengatakan, perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat telah menyebabkan perubahan kegiatan kehidupan manusia dalam berbagai bidang.

Untuk itu penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi harus dikembangkan untuk menjaga, memelihara, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hudiyono mengatakan pentingnya peranan layanan Infrastruktur TIK sebagai pondasi pendukung sistem transformasi digital juga harus diimbangi dengan pertahanan dan keamanan digital yang baik. Karena keamanan digital merupakan faktor yang sangat penting.

“Oleh karena itu kita harus bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi untuk terus memberikan kepercayaan pada masyarakat bahwa data mereka yang kita miliki itu aman. Salah satu faktor yang harus kita kuatkan adalah keamanan jaringan yang kita miliki,” ujar Hudiyono.

Dengan muatan sistem keamanan jaringan, kata dia, terjadinya serangan-serangan yang mungkin akan menyerang sistem dapat diminimalisir. Salah satunya dengan menggunakan teknologi firewall.

“Dengan firewall yang bagus kita dapat membangun sistem yang kuat sehingga akan sulit untuk para hacker menembus atau menyerang ke dalam sistem kita. Selain dari sistem yang aman juga harus diimbangi dengan kemampuan SDM dalam mengelola Infrastruktur TIK,  yang akan membantu keamanan digital,“ jelasnya.

Hudiyono mengajak kepada seluruh peserta Bimtek Pengelolaan Infrastruktur TIK ini untuk meningkatkan kompetensi, sinergitas, berkolaborasi berkoordinasi dalam pengembangan dan pengendalian Infrastruktur TIK, baik antara Pemprov maupun Kabupaten/Kota untuk bersama-sama membangun Jawa Timur sebagai provinsi dan kabupaten kota digital dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya.

“Melalui bimbingan teknis ini diharapkan semua peserta dapat menambah kompetensi dan wawasan yang dapat digunakan untuk memaksimalkan pengelolaan Infrastruktur TIK di lingkungan kerja,“ pungkas Hudiyono. [ADV/KOMINFOJATIM]