Komnas HAM Kantongi Bukti Baru Video Tragedi Kanjuruhan

Salah satu cuplikan video tragedi Kanjuruhan yang sudah terungkap di publik/Repro
Salah satu cuplikan video tragedi Kanjuruhan yang sudah terungkap di publik/Repro

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah mengantongi bukti baru tragedi Kanjuruhan berupa video yang berasal dari salah seorang korban meninggal dunia.


Hal tersebut disampaikan Komisoner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, dalam jumpa pers di Kantornya, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/10).

"Video dan foto orisinil dari para korban dan saksi. Artinya video selain banyak yang beredar di Medsos kami juga dapat video yang mungkin sampai saat ini belum pernah dipublis," ujar Beka.

Video dan foto yang diperoleh Komnas HAM sama sekali belum terekspos oleh media-media.

"Ini adalah  orisinil menjadi milik Komnas HAM, ekslusif dari saksi dan korban," katanya dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Selain itu, Beka juga menuturkan bahwa pihaknya juga memperoleh sejumlah dokumen dan barang bukti lainnya dari sejumlah pihak yang dilakukan dalam proses investigasi Komnas HAM sejak 2-10 Oktober 2022 lalu.

"(Ada) satu dokumen kepolisian terkait rencana pengamanan dan dokumen teknis lain. Kemudian dokumen data korban meninggal dunia maupun yang luka dari sejumlah pihak baik rumah sakit, relawan dan keluarga dan pihak lain," kata Beka.