Jika Ketum PSSI Mundur, Shin Tae-yong juga Siap Tinggalkan Timnas Indonesia

Ketum  PSSI Mochamad Iriawan/Net
Ketum PSSI Mochamad Iriawan/Net

Desakan agar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mundur sebagai bagian dari tanggung jawab atas tragedi di Stadion Kanjuruhan belakangan makin kuat. Bahkan sudah muncul petisi agar pria yang karib disapa Iwan Bule itu segera meninggalkan jabatannya di PSSI.


Desakan tersebut rupanya jadi perhatian serius pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Melalui unggahan di Instagram pribadinya, @shintaeyong7777, pelatih asal Korea Selatan bahkan siap mundur seandainya Iwan Bule juga akhirnya lengser dari jabatan Ketum PSSI terkait tragedi Kanjuruhan.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan turut berduka cita atas tragedi Kanjuruhan, Malang. Saya juga seorang suami dari istri dan seorang bapak dari dua anak. Saya ingin memberikan dukungan penuh kepada para korban dan keluarga korban," tulis Shin Tae-yong yang dikutip Redaksi, Kamis (13/10).

"Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri. Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai 1 tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama," sambungnya.

Ditambahkan pelatih 52 tahun itu, sepak bola tidak bisa sukses jika hanya performa 11 pemain inti saja yang bagus atau hanya staf pelatih saja yang bagus. Kesuksesan bisa dicapai ketika semuanya menjadi satu tim.

Mulai dari pemain inti, pemain cadangan, staf pelatih, ofisial, semua karyawan federasi, termasuk Ketua Umum PSSI.

Itulah filosofi sepak bola yang dipahami Shin Tae-yong. Sepak bola adalah salah satu olahraga yang tidak akan bisa menang dengan hanya 1 orang saja yang bagus kinerjanya.

"Saya dengan masyarakat Indonesia dapat mengembangkan sepak bola Indonesia bersama setelah saya datang ke Indonesia pada tahun 2020. Ini adalah prestasi atau hasil yang dibuat oleh para pemain, fans dan Ketua Umum PSSI yang memilih saya," tuturnya

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu pun menyayangkan kalau semua tanggung jawab dialihkan kepada Ketum PSSI. Karena, lanjut Shin, Iwan Bule telah mengembangkan sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Sehingga pasti bisa juga mengatasi keadaan saat ini dengan baik.