Mensos Risma Serahkan Santunan kepada Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan

Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan santunan terhadap keluarga korban Tragedi Kanjuruhan asal Kabupaten Jombang. Santunan tersebut berupa uang tunai dan sembako itu ia sampaikan langsung.


Risma juga turut menyampaikan belasungkawa kepada Kesi Ernawati (48), warga Dusun Mernung Lor, Desa Sumbernongko, Kecamatan Ngusikan, Jombang. Ibu Kesi merupakan orang tua dari almarhum Muhammad Irsyad Aljuned salah satu korban tragedi Kanjuruhan.

Penyerahan diserahkan langsung oleh Mensos Risma di kantor Kecamatan Ngusikan, Sabtu (15/10) siang. Selain keluarga korban, nampak hadir dalam acara itu camat setempat, perangkat desa, serta Sekdakab Jombang Agus Purnomo.

Kesi menyampaikan terima kasih atas santunan yang diberikan oleh Mensos Tri Rismaharini. Rinciannya, uang tunai Rp 15 juta dan sejumlah sembako."Kami berharap Tragedi Kanjuruhan tidak terulang lagi. Semoga itu yang terakhir," kata Kesi.

Usai menyerahkan santunan, Risma mengatakan, selain Jombang, pihaknya juga menyerahkan santunan korban Tragedi Kanjuruhan di Pasuruan. Sesuai aturan, untuk korban meninggal, keluarga mendapatkan santunan sebesar Rp15 juta. Sedangkan korban luka berat mendapat santunan Rp 5 juta, dan luka ringan Rp 2 juta. 

"Untuk yang mengalami trauma mendapatkan pendampingan. Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kekuatan," ujar Risma usai menyerahkan santunan kepada keluarga korban Tragedi Kanjuruhan.

Dia menambahkan, adapun korban tragedi kanjuruhan yang masih ada istri ditinggalkannya dan meninggalkan anak masih bayi akan dimasukkan kedalam daftar penerima bansos.

"Untuk anak yatim juga akan kita masukkan dalam daftar penerima bantuan sosial," ujar mantan Wali Kota Surabaya ini.