Bersama Pangdam dan Bupati, BUMN Jatim Tinjau Lokasi Banjir di Malang

Pangdam Mayjen Nurchahyanto, Bupati Malang dan Dirut PT SIER Didik Prasetiyono
Pangdam Mayjen Nurchahyanto, Bupati Malang dan Dirut PT SIER Didik Prasetiyono

BUMN-BUMN yang ada di Jatim yang tergabung dalam Satgas Bencana BUMN Jatim, mengunjungi korban banjir bandang yang menerjang di wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Rabu (19/10)


Satgas bencana BUMN Jatim yang diwakili Direktur Utama (Dirut) PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) ini, melakukan peninjauan lokasi bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto dan jajarannya serta Bupati Malang, H Sanusi. 

Baik Pangdam, Bupati Malang dan Dirut PT SIER, bersama rombongan melakukan asesmen pasca banjir dengan melakukan observasi rumah-rumah warga dan berdialog dengan korban tentang bantuan pokok yang mereka butuhkan saat ini. 

Dalam kesempatan itu, Pangdam V Brawijaya dan BUMN Jatim juga menyerahkan bantuan sembako kepada warga. Untuk BUMN Jatim, menyerahkan sembako sebanyak 1.500 paket, yang diterima secara simbolis Bupati Malang H Sanusi dan salah satu warga.

“Kami meninjau langsung ke lokasi banjir bandang yang terjadi di Desa Sitiarjo ini. Saat kami menerima informasi ada bencana ini, kami dari TNI AD langsung turun ke lapangan. Sampai sekarang kami kerahkan 4 SSK pasukan, 10 kendaraan dan peralatan lainnya,” ujar Pangdam V Brawijaya, Mayjen Nurchahyanto, ditemui disela kunjungan.

Menurut dia, TNI AD berkewajiban membantu memulihkan, membersihkan rumah warga dan membersihkan sarana dan prasarana umum yang terkena dampak banjir bandang, hingga menjadi normal kembali. 

“Tugas kami membantu Pemkab Malang, untuk mengevaukasi warga, membantu pengiriman logistik dari titik logistik hingga di distribusikan ke warga. Kami telah mendengar laporan, jika sekarang situasi sudah terkendali. Saya cek langsung dan sekarang memang sedang proses pemulihan,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut PT SIER Didik Prasetiyono mengatakan, BUMN di Jatim mendapatkan arahan Menteri BUMN agar segera membantu korban bencana yang terjadi di Jatim, seperti juga yang terjadi saat bencana Gunung Semeru lalu. 

Didik mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan BUMN yang sangat tanggap dan cepat memberikan bantuan. Ada 29 BUMN yang memiliki kantor pusat atau perwakilan kantor di wilayah Provinsi Jawa Timur, diantaranya Petrokimia Gresik, Perum Jasa Tirta I, PLN, dan Telkom.

“Pada tahap pertama ini setelah rapat dipimpin Pak Dwi Satriyo Direktur Utama PT Petrokimia Gresik  kami mengirim bantuan sebanyak 1.500 paket sembako, kepada korban banjir yang ada di Malang. Berikutnya, kami juga akan mengirim bantuan ke Blitar dan Trenggalek. Bantuan ini adalah bentuk solidaritas dari BUMN yang ada di Jatim, kami juga sudah komunikasikan kepada PLN dan siap untuk melakukan upaya pemulihan jaringan listrik yang sampai tadi pagi kami tinjau bersama Pak Pangdam dan Pak Bupati masih dalam keadaan mati, akan sangat membantu warga” tandasnya.

Sedangkan Bupati Malang, H Sanusi menjelaskan, saat ini Pemkab Malang telah mengerahkan sebanyak tujuh alat berat yang dikirim ke wilayah yang terkena dampak banjir. Salah satunya di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

“Kami juga telah dirikan dapur umum, mengirim beras masing-masing kecamatan satu ton, air minum kemasan botol tiap kecamatan seribu botol, matras dan selimut. Nanti akan kita evaluasi apa kekurangannya. Pemkab juga akan mengirim mobil damkar untuk membersihkan lumpur bila kondisi cuaca sudah memungkinkan,” katanya.