DPRD Jatim Minta Mekanisme Pemberian Vaksin Meningitis Bagi Jamaah Umroh Diperbaiki

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Anggota DPRD Jawa Timur dr Benjamin Kristianto MARS meminta agar Kantor Pelayanan Kesehatan (KKP)  memperbaiki mekanisme antrean pemberian vaksin meningitis bagi jamaah umroh.


Pasalnya, jika antrian itu tidak tertata, dikhawatirkan jamaah yang akan berangkat umroh akan kesulitan mendapatkan vaksin meningitis.

"Yang jadi masalah ketika saya diskusi dengan KKP ketika mau terbang bulan maret dia sudah minta vaksin sekarang karena takut kehabisan. Karena menyebabkan orang terbang bulan desember tidak dapat kuota. Jalur ini kami akan perbaiki dan koordinasikan dengan KKP supaya tidak terjadi kendala," katanya pada Senin (24/10/2022).

Politisi Partai Gerindra itu mengaku, stok vaksin meningitis di Jatim sejauh ini memang masih aman meski sempat terjadi kelangkaan beberapa waktu lalu.  Kondisi itu disebabkan karena perusahaan farmasi Bio Farma dan BPOM masih melakukan pengujian terhadap vaksin tersebut.

"Sebenarnya kelangkaan vaksin meningitis sempat berbicara ke Bio Farma Jakarta dan mereka berbicara ke BPOM mengenai kualitasnya. Begitu tidak ada masalah maka langsung dikirim," tambah anggota DPRD Jatim dari Dapil Sidoarjo itu.

Menurut dr Benjamin Kristianto, memang pihaknya sempat menanyakan kondisi vaksin meningitis yang sempat langka. Menurut dia, antara vaksin dan umroh membutuhkan waktu sepuluh hari, sehingga jamaah yang akan berangkat umroh segera mendapatkan vaksin.

"Saya hubungi direktur Bio Farma dan sudah beres kemarin waktu minggu dikirimlah vaksin itu dan berjalan sudah seminggu," tambahnya.

Ditambahkan dr Benjamin Kristianto, keberadaan One Stop Center pelayanan Umroh yang ada di Marvel City Surabaya sangat membantu jemaah dalam menjalankan ibadah umroh.

Menurut dia, dengan fasilitas itu, jemaah akan sangat mudah mengurus administrasi umroh, sehingga bisa segera menjalankan ibadah ke tanah suci, mekkah.

"Kita bisa membuat suatu one stop service dimana yang mau umroh akan daftar enak dan dilayani travel," pungkasnya.