Gubernur Bali Terima Kunjungan Liga Muslim Dunia: R20 Spirit Harmoni untuk Dunia

Gubernur Bali, Wayan Koster menerima kunjungan Sekjen Rabithah ‘Alam Islami, Muhammad bin Abdul Karim Al Issa di Bali/Net
Gubernur Bali, Wayan Koster menerima kunjungan Sekjen Rabithah ‘Alam Islami, Muhammad bin Abdul Karim Al Issa di Bali/Net

Jelang perhelatan Religion 20 (R20) atau pertemuan pemimpin dan tokoh agama negara-negara R20, Sekretaris Jenderal Rabithah ‘Alam Islami (Liga Muslim Dunia), Muhammad bin Abdul Karim Al Issa bertandang ke Bali pada Minggu (30/10).


Sekjen Liga Muslim Dunia itu bertemu dengan Gubernur Bali, Wayan Koster di Jayasabha, Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Wayan mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi inisiatif pertemuan R20 dalam rangka KTT G20.

"Ini merupakan pertemuan yang sangat penting, yang memiliki dimensi spiritual keagamaan, karena pemimpin umat beragama se-dunia bisa  berkumpul di Bali," kata Wayan Koster dalam keterangannya.

Gubernur Koster mengharapkan, pertemuan R20 ini akan menjadi momentum mengarahkan tatanan dunia era baru, pasca pandemi Covid-19.

Bagi kearifan lokal Bali, pandemi Covid-19 yang melanda hampir semua negara di dunia merupakan siklus alam terhadap hadirnya zaman baru dengan membawa perubahan besar yang berisi spirit baru, pengalaman baru, pengetahuan baru, dan peluang baru sebagai tatanan kehidupan era baru.

"Tatanan kehidupan dunia era baru ditandai dengan kehidupan yang harmoni terhadap alam, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, persaudaraan, keadilan, dan rasa kebersamaan dalam pergaulan masyarakat dunia," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen Rabithah ‘Alam Islami, Muhammad bin Abdul Karim Al Issa mengaku sangat kagum dengan Bali. Keindahan Bali juga tercermin dalam keindahan ornamen seni ukir di Jayasabha yang sangat indah.

"Saya juga sangat bahagia diterima di kediaman Jayasabha. Saya merasakan suasana yang sangat damai bertemu Gubernur Bali. Saya sudah mengunjungi berbagai tempat di dunia, tapi tidak menemukan rasa kedamaian seperti di Bali," tuturnya.

Muhammad juga menyampaikan, pelaksanaan R20 akan berlangsung di Bali pada tanggal 2 sampai 3 November 2022. Muhammad meminta Gubernur Bali bisa hadir memberikan sambutan saat acara gala dinner, 2 November 2022.