Berdayakan UMKM, Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Kunjungi Pelatihan Pemprov Jatim

Anas Karno mengunjungi pelatihan pemberdayaan UMKM/RMOLJatim
Anas Karno mengunjungi pelatihan pemberdayaan UMKM/RMOLJatim

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno, mengunjungi pelatihan pemberdayaan UMKM, yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, di gedung LPMK Kelurahan Kendangsari, Rabu (2/11)


"Pelatihan ibu-ibu rumah tangga ini untuk mengajarkan cara membuat ayam Katsu. Yang menarik ibu-ibu ini diberikan pelatihan komplit," kataAnas Karno dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Anas mengatakan, model pelatihan yang dilakukan Pemprov Jatim, bisa diadopsi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Pemkot Surabaya.

"Jadi tidak sekedar memberikan pendampingan saja. Melainkan diberikan pelatihan mulai dari belanja bahan baku, memproduksi sampai memasarkan hasil produksinya," imbuhnya.

Menurut Legislator PDIP Surabaya tersebut, model pendampingan dan pelatihan seperti ini, kalau di terapkan oleh Dinas UKM dan Perdagangan Pemkot Surabaya, akan lebih tepat sasaran untuk pemberdayaan UKM dan UMKM.

Apalagi pendampingan dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya sekali saja. Sehingga para ibu rumah tangga menjadi lebih berdaya untuk membantu ekonomi keluarga.

"Ibu-ibu bisa lebih paham karena praktek langsung, mulai dari proses bahan baku, proses produksi sampai ke pemasarannya. Dan mereka lebih senang dari pada hanya mendengarkan teorinya saja," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Anas juga menyampaikan keberadaan BPR Surya Artha Utama (SAU) sebagai akses permodalan bagi pelaku UKM dan UMKM di Surabaya. 

Kredit usaha oleh bank milik Pemkot Surabaya itu memiliki bunga pinjaman sangat ringan.

"Kalau ibu-ibu ini sudah mandiri untuk berproduksi, bisa mengakses kredit permodalan untuk pengembangan usaha ke BPR SAU dengan bunga hanya 0,0 sekian persen, sangat ringan," pungkasnya.