PPP Disarankan Dukung Airlangga Sebagai Capres untuk Jaga Soliditas Koalisi 

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/Net

Analis politik dan Pendiri Indonesia Political Power Ikhwan Arif menyarankan agar PPP yang tergabung sebagai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendukung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) dari koalisi.


“Untuk menjaga soliditas koalisi, alangkah baiknya PPP mendukung Airlangga Hartarto sebagai capres. Hal ini akan memperkuat elektabilitas tokoh di KIB daripada memilih tokoh dari partai politik lain, apalagi Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar memiliki elektabilitas yang cukup tinggi,” kata Ikhwan Arif melansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (2/11).

Disisi lain, kata dia, PPP masih bisa mempertahankan elektabilitas partai lantaran masih diuntungkan dengan status partai pendukung pemerintah dan memiliki kursi Menteri PPN/Bappenas yaitu mantan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Disamping itu, masih kata Ikhwan Arif,  PPP juga akan dihadapkan dengan ujian pemilihan legislatif dimana kader-kader potensial di daerah yang akan menduduki kursi legislatif, yang harus mampu memanfaatkan efek ketokohan capres dan cawapres yang disukai oleh pemilih di daerah.

“Dalam situasi seperti ini dibutuhkan kader partai yang memiliki jiwa leadership tinggi, yang patuh dan satu komando terhadap keputusan internal partai, untuk menjaga soliditas internal partai,” pungkas Ikhwan Arif.


ikuti update rmoljatim di google news