Miris, Toilet Kantor Bupati Gresik Dibiarkan Rusak Tak Berfungsi

Toilet di kantor Bupati Gresik/RMOLJatim
Toilet di kantor Bupati Gresik/RMOLJatim

Kemegahan gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, kondisinya berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada. Pasalnya, banyak toilet rusak dan tak berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tamu sebagaimana mestinya.


Bahkan, toilet yang ada terlihat kumuh dan mengeluarkan bau tak sedap. Akibatnya tak jarang tamu Bupati maupun pejabat di lingkungan Pemkab Gresik kelimpungan ketika hendak buang air kecil atau air besar.

Kondisi tersebut tentu sangat tidak layak terjadi di sebuah gedung pemerintahan. Apalagi sering dikunjungi  tamu atau orang dengan berbagai macam latar belakang.

Kanif (32) warga Panceng, yang kebetulan sedang berkunjung ke Kantor Bupati Gresik mengeluhkan kondisi toilet yang dibiarkan rusak dan tidak bisa digunakan.

"Waktu saya masuk toilet karena kebelet pipis, ternyata toiletnya rusak. Ya terpaksa saya harus menahannya dan mencari toilet lainnya yang juga sama kondisinya," katanya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (4/11).

Selain itu, Supriyadi (41) seorang pengunjung Kantor Pemkab Gresik menuturkan terpaksa harus meneriaki orang yang berada di dalam toilet saat hendak buang hajat.

"Tolong gantian cak, soalnya toilet liyane (lainnya) rusak. Wes kebelet aku iki (sudah kebelet saya ini)," ujarnya bercerita. 

Ditambahkan Supriyadi, kondisi toilet Pemkab Gresik kran airnya banyak yang tidak berfungsi juga tampak dekil dan berbau tak sedap. 

"Pas saya selesai pipis, ternyata kran airnya rusak tidak keluar air. Jadi akhirnya nggak bisa buat membasuh dan menyiram, kalau sudah gini kan najis pakaian saya gak bisa buat solat," ungkapnya.

Pantauan langsung di lokasi, memang hampir seluruh toilet di gedung pemkab yang berlantai 4 itu mengalami kerusakan dan seolah dibiarkan. Sehingga, tak jarang bau tak sedap sering menyeruak ke hidung saat melintas di sekitar toilet.