Hasil Survei Indikator: Erick Thohir dan Najwa Shihab Paling Cocok jadi Ketum PSSI

Erick Thohir dan Najwa Shihab/Net
Erick Thohir dan Najwa Shihab/Net

Hasil survei Indikator menunjukan mayoritas masyarakat menilai Menteri BUMN Erick Thohir dan presenter Najwa Shihab paling cocok menjadi Ketua Umum PSSI.


Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi menuturkan, Erick Thohir mendapatkan suara 28,6 persen suara, sedangkan posisi kedua ada Najwa Shihab sebanyak 12,1 persen.

“Menurut warga, Erick Thohir merupakan tokoh yang paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan (Iwan Bule), cukup menonjol dibanding sejumlah nama Lainnya, bahkan dibanding Iwan Bule sendiri,” kata Burhanuddin dalam keterangannya secara virtual, Minggu (13/11).

Burhanuddin mengatakan, Menteri BUMN itu dianggap paling pantas sebagai Ketua Umum PSSI oleh tiap kelompok demografi, wilayah, sebagian besar penyuka olah raga, kelompok penggemar klub domestik, dan sebagian besar kelompok ormas.

Disisi lain, Burhanuddin memaparkan hasil surveinya bahwa masyarakat sangat setuju untuk melakukan reformasi PSSI. Dia mengurai, hal ini karena potensi Indonesia yang sangat besar di dunia sepak bola. Sekitar 21 persen warga nasional gemar bermain sepak bola, terbesar dibanding olah raga lainnya.

Dalam survei ini, Indikator menggunakan metode multistage random sampling dengan sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun survei dilakukan periode 30 Oktober - 5 November 2022 atau tepat sebulan setelah peristiwa nahas di Stadion Kanjuruhan, Malang. Survei dilakukan dengan cara wawancara lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.