Terkait masih ada desa di wilayah Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan yang belum secara maksimal dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, Ketua Aliansi Pemuda Kwanyar (APK), Moh Syafii, angkat bicara.
- Seorang Pria Tewas Ditembak di Arena Sabung Ayam, Reskrim Polres Bangkalan Panggil 10 Saksi
- Gawatch Apresiasi Langkah Luar Biasa Kapolri Tangkap Bintang Dua yang Terseret Narkoba dan Bandar Judi Online
Menurut tokoh pemuda yang karib disapa Syafii, pelayanan publik di desa merupakan hak seluruh masyarakat tanpa kecuali. Ia menjelaskan, pelayanan kepada masyarakat adalah dekat hubungannya dengan menciptakan kenyamanan hubungan antara pemerintah dan warga
"Pelayanan memiliki hubungan erat dengan tanggung jawab pelayanan publik di desa serta Kualitas pelayanan merupakan keharmonisan antara masyarakat sebagai pengguna layanan dan pemerintah sebagai penyedia layanan," ucap Ketua APK, Minggu (13/11).
Ketua LSM kepemudaan yang ada di Kwanyar ini juga menyampaikan harapannya agar semua pemerintah desa yang ada di Kwanyar dapat memahami kualitas layanan menurut pendapat masyarakat.
"Baik atau buruknya kualitas pelayanan dilihat dari presepsi masyarakat atau pengguna layanan," ucapnya.
Ia menambahkan, kualitas layanan yang diberikan pemdes mesti merujuk pada parameter keutamaan layanan publik. Menurutnya, Kualitas pelayanan tersebut tercermin dari bagaimana pegawai melayani masyarakat dengan baik dan bagaimana mereka tetap berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat.
"Saya berharap pemerintah desa memprioritaskan kualitas layanan, sesuai dengan dimensi keandalan (reliability), keresponsifan (responsiviness), selanjutnya pegawai menggunakan empati (emphaty) dalam memudahkan dan memberikan layanan," papar Syafii
Sebelumnya ada warga di salah satu desa di Kecamatan Kwanyar, mengurus Surat Permohonan Keterangan Lahir. Tapi warga tersebut "diping-pong," dari satu perangkat desa kepada petugas lainnya. Pengajuan surat pengantar dilakukan hari Jumat di jam kerja. Tapi petugas menjanjikan Senin, baru bisa diambil.(has)
ikuti terus update berita rmoljatim di google news
- Wali Kota Eri Resmikan Dua Fasilitas Baru Sekaligus, Kini Ada Sentra Pelayanan Publik hingga Wisata Rakyat di Nambang
- Ngantor di Kelurahan Tanjung Perak, Wali Kota Eri Keliling Kampung hingga Pastikan Pelayanan Adminduk yang Rampung 24 jam
- Ngantor di Kelurahan, Wali Kota Eri Berharap Petugas Dengarkan Keluh Kesah Warga untuk Selesaikan Masalah