Pemkot Malang Raih WTP 11 Kali Berturut-turut, Wawali Bung Edi: Ini Bentuk Konsistensi

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat terima Plakat WTP dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa/Is
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat terima Plakat WTP dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa/Is

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke sebelas kali secara berturut-turut. Plakat WTP diterima oleh Wakil Wali (Wawali) Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di salah satu hotel di Surabaya, Senin (14/11). 


Piagam dari Pemerintah Republik Indonesia yang ditanda-tangani langsung Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati atas WTP tersebut, berdasarkan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021.

Atas predikat yang diraih ke sebelas kali itu, Sofyan Edi Jarwoko yang akrab disebut Bung Edi itu mengatakan, bahwa ini bentuk konsistensi dari perencanaan sampai pertanggungjawaban, serta kerjasama dari seluruh elemen menjadi kunci yang akan dikuatkan agar predikat WTP sebagai indikator tertinggi kualitas laporan keuangan ini dapat dipertahankan.

Selain itu, Bung Edi juga menyampaikan, prestasi ini diraih atas peran antar elemen di Pemkot Malang yang berkomitmen menjaga kinerja akuntabilitas keuangan daerah.

"Predikat WTP yang diterima ini menjadi motivasi kami untuk terus menguatkan komitmen dalam meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat dan menyajikan laporan keuangan daerah secara transparan dan akuntable. Hal ini merupakan wujud kerja keras dan koordinasi yang baik dari perangkat daerah serta seluruh elemen hexahelix,” jelasnya. 

Sementara itu, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa penghargaan WTP ini adalah instrumen untuk melaksanakan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan. Ia berharap outcome dari diperolehnya Opini WTP ini dapat meningkatkan percepatan kesejahteraan masyarakat.

"WTP yang diterima ini diharapkan bisa memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Jatim. Kami berharap penghargaan yang diberikan ini memberikan motivasi untuk terus bekerja keras dalam mempertahankan opini WTP serta outcome yang terukur dan ptoduktif pada tahun-tahun berikutnya," pungkasnya

Dalam hal ini, Gubernur Khofifah menyerahkan piagam penghargaan Opini WTP kepada 37 kabupaten/kota di Jatim.[adv]