Duduk Satu Meja dengan SBY di Bali, Megawati Konsisten Membumikan Nilai Butir Pancasila

Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono duduk satu meja sata rangkaian Gala diner G20 di Bali/Ist
Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono duduk satu meja sata rangkaian Gala diner G20 di Bali/Ist

Duduk satu mejanya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan mantan presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rangkaian gala diner G20 terus menjadi perbincangan seluruh kalangan masyarakat.


Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang angkat bicara terkait kemeja corak batik yang dikenakan Megawati, termasuk SBY yang juga berbatik biru muda. Di sisi lain, Jusuf Kalla yang juga duduk dalam satu meja mengenakan batik merah.

"Merah itu warna perjuangan tanpa henti untuk rakyat, untuk Indonesia Raya," kata Junimart dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (16/11).

Terkait dengan Megawati dan SBY duduk semeja di KTT G20 Bali, ia menilai Megawati menerapkan langsung cerminan nilai Pancasila dengan semeja bersama SBY.

“Mengajarkan kita untuk secara aktif, konsisten membumikan nilai-nilai butir Pancasila di Indonesia," kata Junimart.

Ia menjelaskan, nilai Pancasila yang dimaksud adalah Megawati menunjukkan nilai solidaritas dan perdamaian persatuan dan kesatuan.

Dalam pandangan Junimart, Megawati sebagai tokoh, sosok pemimpin perempuan yang mendunia menjunjung tinggi solidaritas dan cinta perdamaian untuk Indonesia maju sesuai dengan cita ayahnya Bung Karno.