Erick Thohir Diberi Marga Sidabutar Saat Hadiri Tao Toba Heritage Fest

Penyematan marga Sidabutar kepada Menteri BUMN Erick Thohir/Ist
Penyematan marga Sidabutar kepada Menteri BUMN Erick Thohir/Ist

Bagi masyarakat Batak, khususnya marga Sidabutar, Erick Thohir adalah sosok yang istimewa. Karena itulah, Menteri BUMN ini mendapat kehormatan menjadi bagian dari keluarga besar Sidabutar.


Peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar dilakukan lewat upacara adat Batak di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (26/11).

Acara peresmian Erick Thohir menjadi marga Sidabutar, merupakan rangkaian kegiatan dari Erick Thohir dalam acara Tao Toba Heritage Fest untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba.

Erick mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangsa Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.

“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan,” papar Erick, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

“Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” imbuhnya.

Rangkaian acara sendiri diawali dengan kebaktian lalu Mangalahat Horbo dipadu iringan tortor, prosesi dihadiri keluarga Sidabutar di Tomok.

Orangtua angkat Erick, Harry Boss Sidabutar sekaligus ketua panitia Tao Toba Heritage Fest mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Menteri BUMN itu telah memilih Sidabutar menjadi marganya.

“Saat ini Erick telah menjadi Marga Sidabutar dari generasi ke-10 Raja Oppung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke-4 dari Harry Boss Sidabutar keluarga marga Sidabutar kedelapan,” papar Harry.

Sementara itu, Ketua Umum Pospera, Mustang Bonaventura Manurung, dalam sambutannya menyampaikan, sejak hari ini Erick Thohir harus menambahkan marga di namanya.

“Menteri harus memanggil saya tulang, dan Erick merupakan bere saya,” jelasnya.

Acara mangain anak ini juga turut dihadiri Sekjen Pospera, Adian Napitupulu; Bupati Samosir, Vandiko Gultom; dan sejumlah staf BUMN.

Usai upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga, dilakukan juga Mangalahat Horbo. Ini merupakan ritual tertua suku Batak Toba. Mangalahat Horbo merupakan ritual agung suku batak dan bentuk rasa sukur kepada leluhur.

Di akhir Erick Thohir Sidabutar mengatakan, sebagai orang batak dirinya akan membangun kampung halamannya Samosir

“Nanti kita akan bangun museum batak di Samosir, guna kemajuan pariwisata yang ada disini,” tutupnya.