Bupati Jember Resmikan Gedung Labkesda dan Public Safety Center

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Dinas Kesehatan saat meresmikan gedung Labkesda dan PSC/Ist
Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Dinas Kesehatan saat meresmikan gedung Labkesda dan PSC/Ist

Bupati Jember, Hendy Siswanto, meminta masyarakat dan Dinas Kesehatan untuk memaksimalkan pemanfaatan gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Publik safety Center (PSC) dan fasilitasnya. Sehingga masyarakat Jember bisa terlayani dengan baik. 


Demikian ditegaskan Bupati Hendy usai meresmikan gedung Labkesda dan PSC Kabupaten Jember, Senin (28/11) sore. 

Bahkan Bupati Jember juga mengapresiasi kinerja Plt. Kadinkes, Lilik Lailiyah dan jajarannya, karena sudah banyak inovasi dan aplikasi yang dihasilkan selama 2022.  

Turut Hadir dalam peresmian tersebut, di antaranya terdiri, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jember Agus Wijaya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Sigit Akbari, serta jajaran Muspika Patrang.

Diketahui, Public Safety Center (PSC) berupa unit kerja sebagai wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat, tepat dan cermat bagi masyarakat. Bupati Hendy menjelaskan, bahwa PSC akan beroperasi selama 24 jam. 

"Perlu satu penguatan dan pemahaman kepada para driver yang kita miliki, jangan sampai ada operator tapi drivernya (sopirnya) ndak bisa bertugas," ucap Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati Hendy juga menerangkan bahwa Labkesda Jember kini memiliki pelayanan baru. Kini Labkesda luar biasa, bisa melakukan uji kalibrasi alat kesehatan juga. Dengan begitu, bisa dikolaborasikan bersama dengan puskesmas, rumah sakit, dan klinik se-Kabupaten Jember.

Dalam rentang tahun  2022, Kabupaten Jember berhasil mendapatkan berpuluh-puluh penghargaan. Yang Itu didapat atas dasar bekerja sama. Berkolaborasi dengan seluruh pihak, bahkan saat pandemi Covid-19 berlangsung. 

"Ke depan, hal yang sama juga diharapkan bisa terjadi untuk penanganan kesehatan di Kabupaten Jember," harap Bupati Hendy.

Hal senada disampaikan Plt. Kadinkes dr. Lilik Lailiyah. Dia menyatakan bahwa peresmian gedung ini merupakan puncak pelaksanaan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53. Dalam perhelatan HKN ini, pihaknya sudah mengadakan sejumlah lomba-lomba untuk meningkatkan kekompakan dan kualitas tenaga kesehatan di Jember.

"Di tingkat provinsi, kami juga mulai diperhitungkan setelah mampu merampungkan imunisasi BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional)dengan capaian sebanyak 95 persen," ucap mantan kepala Puskesmas Mayang dan Sukorambi ini.

Lebih lanjut, dr Lilik mengungkapkan bahwa PSC yang baru diresmikan merupakan salah satu upaya memberikan pelayanan kegawatdaruratan kepada masyarakat. Dengan sarana baru tersebut, ke depan, dinas kesehatan akan berupaya memberikan layanan yang lebih maksimal kepada masyarakat.