Penyumbang Inflasi, Bupati Jember Anjurkan Tanam Cabe dan Bawang Merah di Pekarangan Rumah

Bupati Jember, Hendy Siswanto saat menghadiri launching pemberian Saprodi dan Bantuan di Gang Demak kelurahan Wirolegi Sumbersari/RMOLJatim
Bupati Jember, Hendy Siswanto saat menghadiri launching pemberian Saprodi dan Bantuan di Gang Demak kelurahan Wirolegi Sumbersari/RMOLJatim

Tanaman cabe dan bawang merah kelompok sayuran sering menjadi penyumbang inflasi, terutama saat menghadapi hari besar keagamaan.


Beberapa bulan lalu, cabe menjadi penyumbang inflasi, bahkan untuk bulan terakhir yakni November 2022, bawang merah menjadi penyumbang inflasi.

Data yang dirilis Badan Pusat Statistik mencatat inflasi Jember pada November 2022 juga melampaui inflasi Jatim sebesar 0,32 persen dan inflasi nasional hanya 0,09 persen.

Bahkan inflasi pada November 2022 di Kabupaten Jember, tertinggi se-Jawa Timur, sebesar 0,81 persen dengan indeks harga konsumen 115 persen.

Karena itulah Bupati Jember, Hendy Siswanto berencana memberikan bantuan Saprodi (sarana Produksi) pertanian diantaranya bantuan bibit pertanian. Jika Saprodi pertanian memadai, maka proses produksi pertanian akan lancar.

"Ada 150 ribu bibit yang akan dibagikan. Nantinya bibit ini dapat dipanen dan diolah sendiri sehingga dapat menekan belanja kebutuhan sehari-hari seperti membeli cabai," ujar Bupati Hendy, saat menghadiri Launching Pemberian Saprodi dan Bantuan dalam Rangka Pengendalian Inflasi, di  Gang Demak Kelurahan Wirolegi Kecamatan Sumbersari, Minggu (11/12).

Dia menjelaskan, bahwa Bibit ini akan menjadi Program Rumah Pangan Lestari. Artinya bibit akan ditanam sendiri di halaman atau pekarangan dan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga khususnya. 

"Komoditas cabai dan bawang merah ikut andil dalam inflasi. Jika Masyarakat dapat menanam dan memanen sendiri maka dapat menstabilkan harga dan juga menekan inflasi," katanya.

Bupati Hendy berharap kedepan inflasi harus di bawah index 4. Inflasi itu harus bisa dikendalikan agar masyarakat tidak terlalu merasakan dampaknya.