Jelang Nataru, Harga Sejumlah Komoditi di Pasar Gresik Melonjak

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Sejumlah harga barang kebutuhan pokok di Pasar Baru Kota Gresik, ditemukan mengalami kenaikan harga dengan besaran yang bervariatif jelang natal dan tahun baru (nataru).


"Tadi, kita dapati beras ada kenaikan. Ayam potong dan minyak cenderung naik juga, tapi tidak banyak. Kalau ikan cenderung turun harganya." kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat melakukan sidak ke Pasar Baru, Senin (19/12).

Menurutnya dari pantauan yang dilakukannya harga bahan pokok yang naik di antaranya beras dari Rp. 55 ribu per kantong isi 5 kilogram menjadi Rp. 60 ribu per kantong isi 5 kilogram. Serta, daging ayam naik dari Rp. 32 ribu perkilogram menjadi Rp. 36 ribu perkilogram

Namun, minyak stabil di harga Rp. 14 ribu per liter, telur stabil di harga Rp. 28-29 ribu perkilogram dan gula stabil di harga Rp. 13 ribu perkilogram.

Sedangkan hasil laut seperti ikan mujair stabil di harga Rp. 30-33 ribu perkilogram tergantung jenisnya. Dan buah-buahan yang cenderung naik Rp. 2.000 perkilogram karena faktor musim hujan.

"Maka, ini akan menjadi evaluasi kita, bagaimana strategi kita dalam mengendalikan pasokan dan harganya agar lebih stabil. Salah satunya adalah Pasar Murah yang kita buka di Kelurahan Telogopojok." tuturnya.

Dalam.kesempatan itu, Bupati minta Wakil Bupati mengomentari kondisi pasar yang kurang bersih. Harapannya, pasar harus selalu dalam keadaan bersih sehingga para pengunjung merasa nyaman.

"Kepada dinas terkait saya harapkan agar cepat menanggapi kondisi pasar yang seperti ini. Karena nanti para pengunjung dari dalam maupun luar Gresik pasti akan kesini. Tidak enak kalau pasarnya terlihat kotor dan kurang nyaman." tandasnya.