Ketua Umum IKA-UTM Abdul Halim Dorong Lahirnya Fakultas Kedokteran di Madura

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Anggota DPRD Jawa Timur dua periode, Abdul Halim resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Trunojoyo Madura (IKA-UTM) Periode 2022-2026, Minggu (18/12/2022).


Abdul Halim dilantik langsung oleh Rektor UTM Dr Drs Ec H Muh Syarif, M.Si dan disaksikan langsung Rektor UTM terpilih periode 2022-2026, Dr Safi’ SH MH.

Abdul Halim usai acara resepsi pelantikan mengatakan, akan menjadi bagian yang akan selalu memberikan kontribusi ide pemikiran dan tenaga untuk almamater UTM. Bersama dengan seluruh alumni UTM yang telah tersebar di berbagai lapisan masyarakat, lembaga dan organisasi. Salah satu program paling utama adalah mendorong lahirnya Fakultas kedokteran di UTM.

“Saya bersama Rektorat UTM siap melahirkan fakultas kedokteran di UTM,” jelas Abdul Halim, di gedung Pertemuan, UTM Bangkalan, Minggu (18/12/2022).

 Menurutnya, selama ini lulusan UTM sudah sangat terbukti manfaatnya bagi kemajuan bangsa. Utamanya peran sertanya pada perkembangan masyarakat Madura. Hal tersebut akan lebih maksimal lagi, jika UTM nanti mampu mencetak dokter sebagai tenaga-tenaga pelayananan kesehatan di pulau Madura.

“Madura, khususnya  kepulauan membutuhkan banyak tenaga dokter untuk melayani kesehatan masyarakatnya, sehingga setiap kebutuhan kesehatan dapat dengan lebih cepat tertangani,” ucap politisi partai Gerindra ini.

 Selain itu, berdasarkan Rapat Kerja pertama PP IKA-UTM salah satu hasilnya adalah memberikan sejumlah usulan penting lainnya untuk UTM. Diantaranya adalah memberikan quota bagi mahasiswa/mahasiswi asli Madura yang berprestasi mendapatkan beasiswa di Fakultas Kedokteran.

Kemudian memberikan quota mahasiswa/mahasiswi yang hafal Al Quran mendapatkan beasiswa kuliah.

“Tentunya dengan kewajibam, setelah lulus mereka harus mengabdi di desa-desa terpencil dan juga kepulauan Madura yang jumlahnya ada 27 pulau,” sebut Ketua Komisi C DPRD Jatim ini.

Disamping gagasan program, Abdul Halim akan mengakomodasi dan memasukkan semua 

alumni dari berbagai sektor. Tujuannya, tidak lain untuk penguatan alumni lebih luas lagi.

“Secepatnya kami akan melakukan penataan organisasi. Termasuk, membentuk kepengurusan IKA UTM tingkat daerah,” pungkasnya.

  

Seperti diketahui, pelantikan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Universitas 

Trunojoyo Madura Nomor 251/UN46/HK.02/2022. Dari surat keputusan tersebut, Abdul Halim sebagai ketua umum IKA UTM Periode 2022–2026. Sementara anggota DPR RI Slamet Ariyadi sebagai sekretaris jenderal (Sekjen). Lalu, Imron Rosyadi dipercaya sebagai bendahara umum. 

Rektor UTM Muh Syarif menyampaikan, selama ini IKA UTM sempat vakum. 

Setelah pengurusan baru ini resmi dilantik, mereka sudah bisa menjalankan organisasi sebagaimana yang diharapkan bersama. “Saya sudah titip ke rektor terpilih (Safi’) agar IKA UTM periode 2022–2026 ini segera dibangun kantor di dalam area UTM,” katanya dalam sambutannya kemarin.