Puluhan Sopir Bus Terjaring Aparat Gabungan Untuk Tes Urine

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Polres Gresik bersama BNN setempat, menggelar tes urine bagi awak armada bus yang berada di Terminal Bunder. Sebagai langkah antisipasi pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika, pada pengendara angkutan umum antar kota antar provinsi.


Menurut Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Aziz, kegiatan itu dilakukan sebagai rangkaian dalam Operasi Lilin Semeru 2022 jelang natal dan tahun baru (nataru).

"Tes urine ini, ditujukan kepada para pengemudi bus antar kota antar provinsi yang melintasi di Terminal Bunder Gresik. Agar saat membawa kendaraan tidak ceroboh, akibat melakukan tindakan penyalahgunaan narkoba," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (23/12).

"Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan dan harus kita pantau bersama dengan BNN dan juga Dinas Perhubungan. Sebab, jika hal itu dibiarkan sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan yang dampaknya juga terhadap orang lain atau penumpang,” sambungnya.

Kapolres berharap dengan dilakukan tes ini, para pengemudi bus bisa mawas diri dan tidak melakukan tindakan penyalahgunaan narkoba. 

"Ini sekaligus sebagai upaya kita bersama, dalam memerangi peredaran narkoba khususnya diwilayah Kabupaten Gresik," tegasnya.

Sementara, KBO Satresnarkoba Polres Gresik IPTU Suhari menuturkan dalam tes urin itu. Ada 25 sopir bus antar kota antar provinsi yang menjalani pemeriksaan.  

"Hasil tes urine dari 25 orang sopir semuanya negatif, tidak ada yang terindikasi mengunakan narkoba. Kami senang dengan demikian pemahaman dan kesadaran seorang pengendara harus bebas narkoba sudah mereka lakukan,” pungkasnya.