PT KAI Diyakini Sukses Tangani Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 

Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza/RMOLJatim
Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza/RMOLJatim

Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, adanya kereta api sangat berdampak pada kemajuan Indonesia.


Hal itu ditegaskan langsung oleh Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza saat memberikan sosialisasi dampak manfaat kereta api dengan tema "Kereta Cepat Untuk Indonesia Maju".

Menurutnya, kalau kereta api sebagai modal transportasi massal dan kehadirannya sangat bermanfaat dalam menunjang berbagai macam aktivitas masyarakat.

Baik itu, aktivitas ekonomi seperti pad saat liburan perayaan natal dan tahun baru 2023 ini atau liburan perayaan hari keagamaan lainnya.

"Jadi, PT KAI sebagai penyelenggara moda transportasi massal, kiprahnya untuk bangsa dan negara layak diberikan apresiasi. Sehingga dengan adanya kereta api, mobilitas masyarakat sangat terbantu,"katanya, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (24/12).

Selain itu masih kata Faisol Riza yang getol membela kepentingan rakyat ini, kalau kesiapan PT KAI dalam menyambut Natal dan Baru 2023 sudah sangat siap.

Hal itu terlihat dari awal kalau KAI menyiapkan tiket sebanyak 2 juta lebih dan ini sebagai bentuk PT KAI membantu mode transportasi.

"Sebenarnya kita bisa melihat kesiapan PT KAI ini dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2023 ini. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang misalnya, PT KAI sudah menyiapkan Tiket KA jarak jauh sebanyak 2.236.021 tiket,"jelas Faisol Riza.

Faisol Riza yang berangkat dari Dapil Jatim II  meliputi Pasuruan Probolinggo mengungkapkan, untuk memperlancar arus Mudik Nataru, PT KAI menambah jumlah dan jadwal perjalanan.

"Saat ini KAI infonya telah menyiapkan rata-rata 484 Kereta Api untuk perharinya. Jadi jumlah ini, termasuk 56 KA tambah yang KAI jalankan khusus pada angkutan Nataru ini,"katanya

Artinya angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 pada rute-rute favorit seperti Jakarta - Solo pulang pergi, Jakarta-Surabaya pulang pergi, Jakarta-Yogyakarta pulang pergi, Bandung- Surabaya pulang pergi, Yogyakarta-Surabaya pulang pergi dan lainnya.

Sehingga untuk itu jumlah kereta api yang beroperasi pada nonton dan tahun baru 2023 ini mengalami peningkatan sebesar 29% jika dibandingkan pada tahun lalu sebanyak 375 kereta api.

"Jadi jika ada yang mau mudik, silakan menggunakan kai ini daripada harus capek-capek nyetir atau bawa kendaraan ke kampungnya. Lebih nyaman, lebih aman juga lama selamat sampai tujuan,"ungkap Ketua DPP PKB ini.

Selain mengapresiasi kesiapan KAI menyambut Nataru, Faisol Riza juga mampu bangga atas kemampuan perusahaan transportasi massal milik negara itu dalam menyediakan transportasi pasar modern.

"Kita patut bangga, karena KAI memelopori proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Ini pertama di Asia Tenggara. Hadirnya KCJB ini, menjadi era baru transportasi massal modern yang cepat, andal, aman dan nyaman untuk mobilisasi secara optimal serta meningkatkan konektivitas antar kota,"bangganya.

Dengan adanya KCJB bisa memicu pembangunan kawasan dan sentra ekonomi baru serta berpotensi untuk dikembangkan di seluruh Indonesia.

KCJB jelas Faisol Riza, sebagai pionir kereta api cepat di Indonesia bisa menjadi pusat keunggulan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk di tempa menjadi generasi pertama yang mampu mengoperasikan sarana dan prasarana kereta api cepat Indonesia

"Jadi keberhasilan KCJB ini mewujudkan mimpi Indonesia memiliki kereta api cepat niscaya membuka wawasan dan menjadi inspirasi bagi generasi muda kita untuk mendorong dunia pendidikan dan industri transportasi massal serta mendalami dan menguasai teknologi kereta api cepat dalam membangun masa depan infrastruktur modern tanah air,"paparnya.

Selain Kereta Api Cepat, Faisol Riza melanjutkan kalau KAI juga mempunyai atau membuat LRT Jabodetabek.

LRT Jabodetabek ditargetkan beroperasi pada Juli tahun 2023 mendatang untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah ibukota dan sekitarnya.

"Saat ini KAI bersama para pihak tengah mempersiapkan pengoperasian LRT tersebut, baik sarana, prasarana, fasilitas pelayanan penumpang maupun perizinan yang diperlukan," tegas dia. 

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), kehadiran LRT Jabodetabek sangat dinantikan untuk mendukung kegiatan transportasi masyarakat yang aman nyaman.

"Apalagi bebas macet jadi di Jakarta nanti tidak hanya ada KRL saja ya, tetapi juga ada LRT,"paparnya.

Faisol Riza kembali mengatakan, Kai selain memiliki bisnis angkutan penumpang juga mempunyai bisnis angkutan barang di Jawa dan Sumatera.

Menurutnya, angkutan barang KAI merupakan salah satu andalan perusahaan di saat angkutan penumpang sedang terus tumbuh secara bertahap pasca pandemi covid-19.

"Angkutan barang KAI di Tahun 2022 sampai dengan November telah mencapai 52,6 juta ton. Tentunya jumlah tersebut naik 14,1% dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 sebanyak 46,1 juta ton,"ungkap dia.

Faisol Riza yang merupakan alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Kabupaten Probolinggo ini mengaku, KAI melayani berbagai komoditi angkutan barang seperti peti kemas, batubara, semen, BBM, CPO, pupuk, retail dan barang lainnya.

"Angkutan barang menggunakan kereta api memiliki berbagai keunggulan seperti ketepatan waktu, keamanan, kapasitas besar, bebas pungutan liar dan dikelola oleh SDM yang profesional,"pungkasnya.

Dalam sosialisasi itu, dihadiri oleh anggota DPRD Propinsi Jawa Timur, Aida Fitriati dan Dr. Muhammad Mashuri.