Anies Mengenang Budayawan Ridwan Saidi, Selalu Dianggap Seperti Cucu

Anies Baswedan saat bertemu mendiang Babeh Ridwan Saidi/Net
Anies Baswedan saat bertemu mendiang Babeh Ridwan Saidi/Net

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan turut menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Budayawan Betawi Ridwan Saidi pada Minggu (25/12).


Ucapan duka tersebut disampaikan bakal calon presiden (Bacapres) partai Nasdem itu melalui Instagram pribadinya @aniesbaswedan. Dia juga menyisipkan foto saat sedang bercengkerama dengan Ridwan Saidi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu lantas mengenang dirinya yang selalu dianggap seperti cucu oleh Ridwan Saidi. Hal itu dikarenakan Ridwan Saidi merupakan sahabat dari kakek Anies Baswedan yakni AR Baswedan.

“Anies, kakekmu itu sahabat ane. Jadi ente itu cucu (ane) ya," kata Anies seperti dikutip Kantor Berita RMOLJakarta.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menuturkan, ketika kakeknya meninggal di tahun 1986, Ridwan Saidi menuliskan obituari dalam sebuah artikel di majalah.

“Ketika kakek meninggal di tahun 1986, Babeh Ridwan menuliskan obituari dalam sebuah artikel: Kesaksian Terhadap A.R. Baswedan di majalah Panji Masyarakat No 499, edisi 19 Maret 1986,” ucapnya.

Lebih lanjut, Anies juga mengenang pada hari ulang tahun Ridwan Saidi yang ke-76 di Taman Ismail Marzuki tahun 2018  pernah memberikan topi gubernur yang ternyata sering digunakan semasa hidupnya.

“Kita di Jakarta merasa kehilangan salah seorang putra Betawi yang selama ini menghibahkan waktunya, energinya, hidupnya untuk pelestarian budaya Betawi,” tuturnya.

Dikatakannya, Ridwan Saidi, seorang aktivis, sejarawan dan budayawan Betawi yang sangat membanggakan.

“Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah, serta mengampuni semua khilaf beliau. Al-Fatihah,” tandas Anies.